JAKARTA - YouTube Anak dimaksudkan sebagai tempat yang aman di mana hanya video yang sesuai untuk anak-anak yang diizinkan. Seperti yang dilansir dari laman Ubergizmo, Minggu (25/3/2018), nampaknya belakangan ini ada beberapa penemuan video yang agak mengganggu termasuk video konspirasi yang jelas merupakan tontonan buruk untuk anak-anak yang mudah dipengaruhi.

YouTube mengklaim melakukan sesuatu tentang itu, tetapi tampaknya apa pun yang mereka lakukan tidak cukup. Dalam laporan terbaru dari WIRED, tampak bahwa video yang mengganggu masih ditampilkan di YouTube Anak meskipun ada upaya terbaik perusahaan untuk mencoba meretas video tersebut agar tidak melewati filternya.

Misalnya dalam laporan WIRED, mereka menemukan video yang menampilkan karakter anak-anak populer dalam situasi yang mengganggu, seperti Peppa Pig ditipu untuk makan bacon. Ada juga karakter kartun yang melakukan adegan seksual, dan juga penggambaran upaya bunuh diri, dan juga video yang menunjukkan cara-cara mengganggu untuk melakukan aborsi, yang semuanya sangat jelas tidak ramah kepada anak.

Menurut YouTube, “Kami telah melakukan serangkaian tindakan sulit untuk melindungi keluarga di YouTube dengan lebih baik, termasuk menurunkan konten lebih cepat melalui teknologi, mempekerjakan lebih banyak orang untuk membantu kami mengatasi konten yang melanggar aturan kami, dan memotong aliran pendapatan ke konten yang menyesatkan keluarga. Tim YouTube terdiri dari orang tua yang berkomitmen untuk meningkatkan produk kami.”