BREAKINGNEWS.CO.ID - Pengalaman di pentas internasional, akhirnya menjadi pembeda hasil final turnamen bulutangkis khusus veteran bertajuk Yonex MBC Open 2020. Berkat sering mondar-mandir di level dunia, Alven Yulianto/Fahmi Mubarok dan Bambang Supriyanto/Eko Hamiseno jadi kampun ajang berhadiah total Rp140 juta ini.

Alven yang pernah menduduki rangking pertama dunia bersama Luluk Hadiyanto pada 2004, memang jauh berpengalaman. Bareng Fahmi, pasangan ini sukses menjinakkan agresivitas Muhammad Fachrikar Parlindungan/Reza Dwi Cahya Purnama dalam final kategori ganda putra bebas di Modern Country Club, Cikokol, Tangerang, Sabtu (1/2) petang.

Lewat penampilan yang lebih taktis dan mengandalkan segudang pengalaman, Alven bermain begitu solid. Bersama Fahmi, pasangan yang membela klub MBC ini akhirnya menjadi juara setelah menang dengan skor 21-19, 21-18 atas Fachrikar/Reza.

“Mas Alven punya pengalaman. Makanya, saya lebih tenang dan yakin akan bisa juara,” aku Fahmi.

“Mereka jauh lebih berpengalaman. Makanya, kami justru malah banyak membuat kesalahan di poin-poin kritis,” aku Fachrikar.

Hal serupa ditampilkan Bambang. Sebagai pemain, Bambang pernah mengukir prestasi besar. Di antaranya bersama Gunawan menjuarai All England 1994 dan Indonesia Terbuka 1995. Pengalaman itulah yang membantunya bersama Eko jawara di ganda veteran +95 tahun.

Menghadapi Admiral Heppy/Dieky Susilo, Bambang bermain lebih solid. Gedoran smash-smash mematikan dari Dieky, bisa diredam. Bambang juga tidak meladeni permainan keras, melainkan dengan penempatan shuttlecock yang tak terjangkau lawan.

“Saya kembali juara. Sudah berapa kali ya, lupa. Pokoknya banyak. Saya punya pengalaman dan itu menjadi modalnya,” tutur Bambang.

“Harus diakui, pengalaman di pentas internasional ikut menjadi faktor yang sangat menentukan untuk menjadi juara di turnamen khusus veteran ini,” komentar Bobby Ertanto, pemrakarasa kejuaraan edisi keempat tersebut. (*)

Hasil Final Yonex MBC Open 2020

Ganda Intern Member: Akim/Harley (PGM) vs Afat/Herry Kek (Wanteg Badminton Club), 21-14, 21-9

Ganda Intern: Aming/Dani A. (PGM) vs Donny/Hong Jin (PGM), 21-18, 22-24, 21-5

Ganda Veteran +95: Bambang Supriyanto/Eko Hamiseno (Petrolin) vs Admiral Heppy/Dieky Susilo (Petrolin), 21-15, 18-21, 21-7

Ganda Putra Bebas: Alven Yulianto/Fahmi Mubarok (MBC) vs Muhammad Fachrikar Parlindungan/Reza Dwi Cahya Purnama (Petrolin), 21-19, 21-18