JAKARTA - Persija sukses membantai Johor Darul Takzim pada matchday kelima Grup H Piala AFC. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/4/2018), Macan Kemayoran mencukur gundul wakil dari Malaysia itu empat gol tanpa balas.

Seluruh gol Persija Jakarta dicetak oleh Marko Simic pada menit 8', 12', 19', dan tendangan penalti menit 87. Namun, lupakan dulu sejenak kemenangan Persija yang membawa mereka ke puncak klasemen itu.

Ada sisi lain yang menarik dan tak patut diangkat ke permukaan. Jika berbicara tentang Persija, adalah hal yang pasti diingat adalah The Jakmania. Suporter yang setia mengawal panji-panji klub Ibu Kota berlaga.

Pada duel Persija dengan JDT, tercatat sebanyak 60 ribu Jakmania yang hadir. Mereka datang dengan atribut khas berwarna oranye dan terus bernyanyi dengan lantang menyemangati Ismed Sofyan dkk. yang tengah berjuang di atas lapangan. Tak sedikit pula di antara mereka yang membawa poster berisi tulisan pembangkit semangat

Mulai dari "Terserah kata mereka ku hanya cinta Persija", "Semangatku dikakimu". Persija never Surrender", dan masih banyak lagi.

Terlebih dari itu, pada tribun utara yang diisi oleh The Jakmania Curva Nord Persija menyajikan sebuah koreografi yang membuat orang merinding

Sebuah koreografi raksasa yang menampilkan sosok seekor macan yang sedang menunjukkan otot-otot di kedua lengannya dengan warna hitam dan merah yang menambah kegarangan maskot dari Persija itu.

Menariknya, ternyata aksi itu mendapatkan tanggapan dari pelatih Persija, Stefano Cugurra dan Marko Simic. Menurut Teco, dengan kobaran semangat dari The Jakmania, pemainnya lebih termotivasi.

"Malam ini The Jakmania luar biasa. Saya berterimakasih kepada mereka. Dengan semangat dari The Jakmania kita bisa kalahkan JDT. ini sebuah kebanggan karena mereka tim besar di Malaysia," kata Teco.

Hal senada juga diutarakan oleh Marko Simic. "Bagi kami ini adalah luar biasa. Kemarin kami memecahkan rekor di Liga (melawan Arema FC) dan malam ini mungkin memecahkan rekor di AFC," kata Simic.