SUZUKA - Tampil mendominasi sesi kualifikasi ajang balap motor Suzuka 8 Hours 2017, Tim Yamaha Factory Recing Team berhasil menjadi yang tercepat lewat kedua dari ketiga ridernya, Katsuyuki Nakasuga dan Alex lowes. Selain dua pebalap tersebut Yamaha juga diperkuat pebalap senior asal Belanda, Michael van der Mark.

Seperti diketahui, Michael van der Mark yang juga merupakan rekan setim Alex Lowes di Yamaha WSBK 2017 itu, sudah kenyang pengalaman di Suzuka 8 Hours. Tahun ini merupakan kali kelima bagi pembalap Belanda itu terjun di ajang ini.

Dibilang jadi kekuatan tambahan, karena van der Mark pernah dua kali menjuarai ajang ini bersama tim Musashi RT HARC-PRO di atas motor Honda CBR1000RRW. Pembalap 24 tahun itu berkuasa di Suzuka 8 Hours edisi 2013 dan 2014 bersama Takumi Takahashi dan Leon Haslam.

“Saya sudah tidak sabar memulai tantangan lomba ini. Dalam tes kami membuktikan bisa tampil dalam ritme cepat dan kami memiliki semua kartu di atas meja untuk dipertaruhkan merebut gelar ketiga kalinya,” beber Alex Lowes seperti dilaporkan GPOne.

“Balapan ini memiliki rasa spesial tersendiri. Saya akan mengeluarkan 100 persen kemampuan, begitu juga kedua rekan tim saya,” ujar pembalap Inggris berusia 26 tahun itu.

Sedangkan Michael van der Mark yang untuk pertama kalinya berkompetisi dengan motor Yamaha YZF-R1 di Suzuka 8 Hours, sekalipun tak memiliki keraguan untuk lomba tahun ini. Apakah karena dia sudah menjajal motor tersebut dalam All Japan Superbike di Autopolis satu bulan lalu?

“Ini akan jadi penampilan kelima saya di Suzuka 8 Hours. Kami yakin, karena pada akhirnya saya dan rekan tim saya telah terbukti memiliki kecepatan yang sama dan itu merupakan aspek yang menambah semangat tim,” ucap van der Mark.

“Tentu saja kami ingin menang untuk ketiga kalinya. Namun kali ini tidak akan mudah, karena lawan kami makin kuat dan kami amat mewaspadai level persaingan antar tim tahun ini,” tukasnya.