MOTEGI - Pebalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger, akan absen pada MotoGP Jepang yang akan berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi pada Minggu (15/10) akhir pekan ini, setelah terkena penyakit. Hal itu diperkuat oleh pernyataan dokter yang menyatakan bahwa dirinya harus mundur dari balapan, setelah rider Jerman tersebut melakukan pemeriksaan di Clinica Mobile Sirkuit Motegi.

Pihak dari tim Yamaha Tech 3 telah mengumumkan pada Kamis (12/10), bahwa Folger akan kembali ke Jerman untuk menjalani pemeriksaan medis di Muenchen. Pebalap berusia 24 tahun itu diduga terjangkit virus mononucleosis yang membuat dirinya merasa sangat kelelahan serta lemas.

"Saya merasa sangat lemah sejak seri Misano dan Aragon. Setibanya di Jepang, saya kesulitan menjaga level energi saya, bahkan saya sampai tak bisa keluar hotel," kata Folger seperti dikutip dari Motorsport.com, Kamis (12/10).

"Saya bertemu dengan Herve pada Rabu malam, dan kami sepakat untuk memeriksakan kondisi saya ke dokter pagi ini. Saya bertemu dengan Dr. Charte dan tim di Clinica Mobile, dan mereka menyarankan saya untuk segera kembali ke Jerman untuk serangkaian tes darah,” lanjut Folger.

"Saya pernah terkena virus Epstein Barr pada masa lalu, dan kemungkinan ini kambuh dan muncul kembali, tapi kami tidak yakin sampai saya menjalani tes di Muenchen," pungkasnya.

Folger juga diragukan akan turun di dua seri berikutnya, Phillip Island dan Sepang. Bos tim, Herve Poncharal mengatakan, pembalap Jerman itu hampir dipastikan akan absen di Australia. Dengan demikian, sang tandem Folger, Johann Zarco akan menjadi pembalap tunggal Tech 3 di Motegi, namun tim akan menurunkan pembalap pengganti di Phillip Island jika Folger belum fit untuk bersaing.

Folger saat ini menempati peringkat 10 klasemen dengan hasil terbaik kedua di balapan kandangnya di Sachsenring. Ia tertinggal 33 poin dari Zarco. Absennya Folger jelas membuat peluang Zarco meraih gelar 'Rookie of the Year' semakin besar.