BREAKINGNEWS.CO.ID – Sebagai salah satu produsen yang terkenal dengan selalu menghadirkan perangkat dengan harga terjangkau, Xiaomi kini kembali merilis laptop baru untuk menandingi MacBook Air.

Xiaomi sendiri terbilang masih baru dalam segmen laptop, namun sejak awal kehadirannya telah membuat banyak orang langsung meliriknya terutama para penggemar MiFans. Tak heran memang karena laptop Xiaomi langsung menyasar pengguna yang menginginkan perangkat seperti MacBook Air dari Apple.

Dengan begitu, desain dari Mi Notebook Air terbaru ini terlihat mengusung desain yang mirip dengan MacBook Air dengan bodi tipis aluminium yang terlihat premium dan ramping. Laptop satu ini punya ketebalan hanya 15,4 mm serta bobot 1,25 Kg.

Akan tetapi, salah satu perubahan yang sangat disambut baik kehadirannya merupakan layar lebih luas dengan bentang 12,8 inci dalam casis berukurang 13,3 inci. Hal ini dimungkinkan berkat bezel di pinggiran layar yang lebih tipis , yakni sekitar 5,71 mm.

Sementara pada sektor dapur pacunya, Mi Notebook Air terbilang cukup lumayan dengan prosesor Intel Core i5-7Y54 berkecepatan maskimal 3,2 GHz dalam Turbo. Di samping itu ada penyimpanan SSD berkapasitas 256 GB dan RAM 8GB pada konfigurasi tertingginya. Sebuah peningkatan yang baik dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya menawarkan prosesor Core M3.

Pada bagian yayarnya sendiri menawarkan resolusi Full HD 1080p yang dirasa masih sangat mencukupi untuk sekarang ini. Dengan segala spesifikasi tersebut, laptop ini digadang mampu bertahan selama 11,5 dalam penggunaan biasa atau 9,5 jam saat digunakan untuk menonton video.

Namun cukup disayangkan ketersediaan port input output yang masih minim Mi Notebook Air ini hanya memiliki dua buah USB 3.0, HDMI, 3.55mm audio jack, USB Type-C yang juga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai cukup besar, yakni 30 menit saja untuk bisa terisi hingga 50%.

Mi Notebook Air edisi tahun 2018 besutan Xiaomi ini akan dibanderol dengan harga 3.999 Yuan atau sekitar Rp8,4 juta. Harga tersebut jelas jauh di bawah Apple Macbook Air yang bisa mencapai puluhan juta.