BREAKINGNEWS.CO.ID – Produsen asal China, Xiaomi akhirnya meminta maaf kepada publik atas trik tipuan dalam Flash Sale atau hari belanja online yang diselenggarakan di Inggris.

Dalam program penjualan khusus tersebut, mereka menjual smartphone Xiaomi dengan banderol hanya sebesar 1 poundsterling atau sekitar Rp18.882. Namun faktanya Xiaomi cuma menyediakan sebanyak 10 unit smartphone Xiaomi seharga 1 poundsterling.

Sepuluh smartphone yang dihargai 1 poundsterling itu adalah Xiaomi Mi 8 Lite RAM 6 GB ROM 128 GB (3 unit), Xiaomi Mi A2 RAM 4 GB ROM 64 GB (3 unit), Xiaomi Mi 8 Lite RAM 6 GB ROM 128 GB (2 unit) dan Xiaomi Mi A2 RAM 4 GB ROM 64 GB (2 unit).

Xiaomi Inggris pun akhirnya memosting klarifikasi dan permintaan maaf pada akun Twitter resmi mereka. Xiaomi menyadari adanya salah persepsi pada pemburu smartphone harga sangat miring tersebut.

"Kami tegaskan 10 pelanggan telah membeli smartphone Xiaomi dengan harga 1 poundsterling. Dari ribuan yang mengklik bersamaan, sistem kami memilih pemenang secara acak," tulis Xiaomi di akun Twitter resminya tersebut. \

Sementara itu, dalam penjelasan tersebut Xiaomi berdalih jika program yang diadakan di Inggris itu bukanlah Flash Sale yang biasa dilakukan Xiaomi di berbagai negara. Biasanya dalam program ini, Xiaomi menyediakan ponsel yang tidak cuma 10 unit saja.

Xiaomi sendiri menyatakan jika awalnya mereka ingin memakai nama program 'Crazy Deal' namun belakangan nama itu diganti dan menggunakan 'Flash Sale' yang sudah akrab dan mendunia. Sebelum peluncuran program ini pada 8 November lalu, Xiaomi juga mengakui adanya potensi negatif istilah Crazy Deal, akhirnya mereka mengubahnya menjadi Flash Sale.

"Sayangnya, kami tak menyadari publik mengasosiasikannya dengan apa yang dilakukan Xiaomi di pasar global yang berbeda, di mana lebih dari 10 perangkat tersedia," jelas Xiaomi.

Inilah yang membuat media sosial heboh bahwa aturan Flash Sale ini tidak jelas dan perangkat 1 poundsterling itu tak tersedia.  

"@XiaomiUK ingin meminta maaf atas segala kesalahpahaman. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut untuk kejelasan, please DM kami," tegas Xiaomi.