BREAKINGNEWS.CO.ID –Produsen smartphone asal China, Xiaomi dikabarkan bakal menghentikan update MIUI terbaru ke sejumlah lini ponsel Mi dan Redmi. Dari lini Mi, ada Mi 5, Mi 4, Mi 4C, dan Mi 4S. Sementara dari lini Redmi ada Redmi Note 3. 

Dengan begitu, nantinya pembaruan antar muka MIUI 10.2 akan menjadi versi terakhir bagi Mi 5 dan Redmi Note 3 dan MIUI 10.1 akan menjadi pembaruan terakhir untuk Mi 4, Mi 4S, serta Mi 4C.

Jadi kelima smartphone tersebut tidak akan kebagian MIUI 11. Tahun lalu, Xiaomi juga menjadikan MIUI 9 sebagai versi firmware terakhir bagi enam perangkat jadul miliknya tersebut seperti dilansir dari BGR.

Saat ini, Xiaomi sendiri sangat konsisten meluncurkan pembaruan MIUI dan mempunyai rekam jejak yang baik dalam hal memperbarui OS smartphone mereka selama lima tahun belakangan ini.

Sebagai informasi, pembaruan Xiaomi MIUI 10 fokus pada pengalaman pengguna menyapukan jari ke layar smartphone Xiaomi. Hal itu menjadi lebih sederhana dan tampilan layar penuh pada perangkat.

Selain itu, Xiaomi MIUI 10 juga akan menghadirkan kemampuan AI yang lebih baik di kamera perangkat, termasuk smartphone lawas. Pembaruan software MIUI 10 ini juga datang membawa nada dering baru yang dapat menirukan suara alam, tergantung dari waktu dan lingkungannya.

Tak hanya itu saja, Xiaomi juga memboyong fitur "WhatsApp Cleaner" yang akan mereka datangkan ke MIUI 10 Security App. Seperti namanya, fitur ini akan mempermudah pengguna untuk menghapus sejumlah file yang berhubungan dengan WhatsApp.

File seperti foto, video, voice notes, dokumen, GIF dan lainnya yang biasa dibagikan lewat WhatsApp, bisa dihapus dengan mudah lewat WhatsApp Cleaner, selain untuk membuat memori internal lebih lega.

Selanjutnya, Fitur itu terdapat di menu Setting App, lalu akan muncul fitur WhatsApp Cleaner seperti dikutip dari Gizmo China. Selain WhatsApp Cleaner, MIUI 10 juga membawa fitur First Aid dan Test Network. Fitur First Aid bisa digunakan untuk memindai kinerja perangkat, jaringan, dan masalah baterai.

Nantinya bila terdeteksi masalah, fitur ini akan menawarkan perbaikan sekaligus. Sementara fitur Test Network bisa digunakan untuk mengukur kekuatan sinyal, termasuk sinyal WiFi, koneksi terbatas untuk aplikasi dan juga menawarkan pemindaian masalah jaringan.