JAKARTA - Xiaomi dikabarkan tengah menguji fitur navigasi baru berbasis gerak untuk sejumlah model smartphone besutannya. Fitur yang bernama "full display gestures" ini sudah disertakan dalam versi beta terbaru dari MIUI 9, firmware berbasis Android milik Xiaomi.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (29/12/2017), fitur anyar berbasis gestur ini hadir dalam beberapa fungsi. Salah satunya adalah dengan menggesek bagian bawah layar akan membawa Anda ke layar awal (home screen). Sementara itu, dengan memberi jeda singkat pada gerakan yang sama akan mengaktifkan layar aplikasi yang terakhir dibuka (recents). Terakhir, dengan menggesek dari kiri atau kanan layar ke bagian tengah akan membawa Anda ke halaman sebelumnya.

Sepertinya Xiaomi terinspirasi dari Apple, karena perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, itu telah menerapkan fitur kontrol gerakan serupa pada iPhone X karena meniadakan tombol (home screen). Fitur full display gestures itu akan dihadirkan Xiaomi untuk pertama kalinya pada Xiaomi Mi MIX dan Mi MIX 2, dan juga perangkat Redmi 5 dan Redmi 5 Plus.

Sekedar informasi, MIUI 9 hadir dengan tiga fitur unggulan terbaru, yaitu Image Search, Smart Assistant, dan Smart App Launcher.

Khusus untuk Image Search, fitur ini merupakan hal yang baru di perangkat Xiaomi. Melalui fitur ini, pengguna perangkat Xiaomi dapat mencari foto lebih mudah, cukup dengan menuliskan kata kunci di kotak pencarian. Smart App launcher, melalui fitur ini, MIUI dapat membuka aplikasi sesuai dengan konten yang ditampilkan di layar perangkat. Sedangkan Smart Assistant, fitur yang mirip dengan Google Assistant ini mampu membantu pengguna untuk mencari apa pun termasuk foto dan teks di dalam perangkat.