BREAKINGNEWS.CO.ID  - Sebanyak 32 DPD II Partai Golkar di Jawa Tengah sudah menyatakan dukungannya secara bulat kepada Airlangga Hartarto. Dukungan itu sudah ditegaskan sejak Agustus lalu. Ketua Umum Partai Golkar itu diharapkan kembali memimpin partai beringin untuk periode selanjutnya.

Wisnu Suhardono, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Tengah, juga mengakui masih ada tiga DPD II dari 35 DPD II yang ada di Jateng, belum mendukung Airlangga Hartarto. “Tapi itu bisa dimaklumi karena mereka kan dapil (daerah pemilihannya) Bambang Soesatyo,” kata Wisnu.

Majunya Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI, untuk bersaing memperebutkan kursi Ketua Umum Partai Golkar dianggap wajar oleh Wisnu. “Wajar saja itu, karena bagian dari kompetisi. Mereka bisa bersaing namun akhirnya harus bisa bersanding. Bukan justru sebaliknya,” kata Wisnu.

Wisnu berharap dalam proses pemilihan nanti, siapa pun yang maju dalam pemilihan adalah haknya. Namun dalam proses selanjutnya, jika akhirnya hanya muncul satu atau dua nama adalah hal yang wajar. “Bahkan kalau nanti ada aklamasi untuk memilih Pak Airlangga, saya kira juga wajar saja, apalagi setelah melalui berbagai proses demokrasi,” kata Wisnu.

Ia juga mengapresiasi pesan dari Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie yang menyatakan Jangan sampai ada perpecahan di Golkar karena hanya akan menguntungkan orang lain. “Saya kira sebagai ketua dewan pembina beliau sangat wajar mengucapkan hal itu. Beliau mengingatkan agar jangan sampai proses demokrasi di Golkar ini memecah partai itu sendiri,” ucap Wisnu.

Bukan Cek Kosong

Dukungan mayoritas DPD II di Jateng sendiri, menurut Wisnu, bukanlah cek kosong. Ada beberapa hal yang mereka harapan dari Airlangga untuk pembenahan Partai Golkar ke depan, khususnya di Jateng. Misalnya aspek pengelolaan partai yang berarti harus ada perbaikan secara profesional dan konstruktif. Selain itu harus menyentuh aspek peningkatan suara yang menuntut kerja keras untuk meningkatkan perolehan suara Golkar.

Wisnu juga menyatakan jika selama ini Airlangga sudah bekerja cukup keras di Jawa Tengah. Bahkan Golkar Jateng bisa mempertahankan 11 anggota DPR RI sebagai hasil pemilu kemarin. Meski awalnya, target Wisnu bisa memperoleh 14 kursi di Senayan.

"Ini yang perlu diperbaiki, setelah deklarasi lalu, jangan lagi disibukkan dengan rencana heboh tentang munas, sebab ada tantangan 21 pilkada tahun depan," kata Wisnu.

Namun Wisnu juga mengapresiasi Airlangga Hartarto yang memberikan penghargaan untuk kader-kader Golkar yang berprestasi. “Ini akan lebih memacu kader Partai Golkar untuk berjuang dan lolos menjadi wakil rakyat,” ungkap Wisnu.

Wisnu juga menyatakan Partai Golkar akan mengusung empat calon wakil bupati di Klaten, Purworejo, Demak, dan Pemalang serta calon wali kota di Pekalongan dan calon bupati di Kendal.