JAKARTA - Menyusul rentetan teror yang terjadi di Surabaya sampai Riau, Menko Polhukam Wiranto menyerahkan kepada aparat untuk melawan aksi terorisme. Wiranto meminta seluruh jajaran totalitas dalam melawan teroris.

"Urusan gimana kita lawan terorisme yang saat ini brutal, kita serahkan ke aparat keamanan, polisi dan TNI. Tentunya juga bantuan masyarakat. Berulang-ulang saya katakan bahwa menghadapinya harus total. Menghadapi mereka yang bertindak total, harus dilawan dengan total," ujar Wiranto di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018).

Selain itu, Wiranto juga berharap RUU Terorisme segera bisa disahkan. "Yang pasti kita harapkan segera ada payung UU, revisi mengenai UU yang membahas tindak pidana terorisme itu segera kita rampungkan. Dan itu sudah dijanjikan oleh DPR," ujarnya.

Wiranto menepis BIN kecolongan dikarenakan tidak dapat mendeteksi adanya serangan teror. Wiranto tidak ingin ada sikap saling menyalahkan.

"Ini kan bukan curi-mencuri barang ya, di seluruh dunia juga menghadapi hal serupa. Jangan kita saling menyalahkan. Kita tidak boleh saling menyalahkan. Saling menyadari bahwa ini tugas kita bersama. Kalau menyalahkan itu bagian dari teror," terang Wiranto.