BREAKINGNEWS.CO.ID – Setelah sempat diinformasikan beberapa waktu lalu, jika aplikasi pesan instan yakni WhatsApp akan menggulirkan fitur baru bernama Picture in Picture (PIP). Kini, WhatsApp akhirnya benar-benar menghadirkan fitur terbarunya tersebut.

Fitur ini sendiri memungkinkan para pengguna WhatsApp untuk  langsung menonton (melihat) video dari link platform lain yang dikirimkan oleh teman. Menurut laporan yang diberikan oleh Indian Express, awalnya fitur WhatsApp PIP ini telah tersedia untuk pengguna beta beberapa bulan yang lalu.

Dan kini fitur PIP sudah tersedia secara bergilir di WhatsApp. Melalui fitur ini, ketika pengguna lain mengirimkan pesan berupa link video Youtube, Instagram, maupun Facebook, video tersebut akan terputar pada sebuah layar kecil sehingga pengguna bisa menonton video tersebut sambil melakukan chatting kepada teman, saudara atau kerabat.

Mekanisme ini bakal mempermudah para pengguna WhatsApp ketika ingin berbagi referensi video kepada pengguna yang lain dan hendak membahasnya. Percakapan dapat dilakukan lebih real-time karena tidak ada jeda waktu untuk keluar-masuk ke dalam aplikasi.

Untuk menggunakannya, para pengguna WhatsApp hanya tinggal membagikan tautan video Instagram, Facebook, atau Youtube, yang Anda rasa menarik ketika mengobrol dengan teman atau saudara via WhatsApp.

Akan tetapi perlu diingat, jika para pengguna WhatsApp harus menunggu sampai link tersebut memunculkan thumbnail video beserta rinciannya. Jika tidak, yang akan diterima pengguna lain hanya sebatas link, dan fitur PiP tidak akan muncul pada tautan tersebut.

Nantinya, setelah video beserta thumbnail-nya dikirim, penerima hanya perlu menekan tautan itu, lantas layar kecil otomatis hadir di dalam jendela WhatsApp. Kalian bisa melakukan berbagai tindakan atas video, mulai dari jeda (pause), putar (play), hingga berhenti (stop).

Gimana guys menurut kalian fitur terbaru yang diberikan oleh WhatsApp kali ini? Menarik bukan? Sebelumnya WhatsApp juga telah mengeluarkan fitur Sticker WhatsApp di mana kalian juga bisa membuat sticker sendiri berupa foto kita atau gambar-gambar lainnya.