BREAKINGNEWS.CO.ID-Arsenal memburu kemenangan saat bertandang ke London Stadium menghadapi tuan rumah West Ham United di matchweek 22 Premier League, yang digelar mulai pukul 19.30 WIB Sabtu (12/1/2019) malam ini. The Gunners kini berada di peringkat lima dengan 41 angka, 13 poin di atas The Hammers di posisi ke-10. Raihan tiga angka dari Stadion London akan membuat timnya Unai Emery semakin memberi tekanan pada Chelsea yang berada di peringkat empat dengan koleksi 44 angka dengan selisih gol yang lebih baik.

Merujuk pada data, West Ham United kehilangan lebih banyak pertandingan Liga Premier melawan Arsenal (29) daripada melawan tim lain. The Hammers terakhir mengalahkan Arsenal di ranah Liga Primer pada tahun 2006.  Yang menarik, kedua tim sama-sama menuai kemenangan pada penampilannya di putaran III Piala FA pekan lalu, masing-masing 2-0 atas Birmingham dan 3-0 dari Blackpool. Walau kedua tim lawan dari kasta bawah namun kemenangan itu tentunya meningkatkan kepercayaan para pemain WHU dan Arsenal.

The Hammers mengalahkan Birmingham City 2-0 di London Stadium berkat gol dari Marko Arnautovic dan Andy Carroll. Namun, Manuel Pellegrini menghadapi masalah lain tujuh hari yang lalu saat ia harus menarik keluar Marko Arnautovic yang cedera. Striker Austria ini mengemas tiga gol dalam dua pertandingan terakhir dan cedera terbaru ini akan menjadi pukulan besar bagi ambisi tim dalam derby London ini.

Pecinta WHU tentunya mengharapkan Marko Arnautovic bermain, setelah sebelumnya meminta agar manajemen The Hammers membiarkannya pindah ke Cina. Akan sangat menarik untuk melihat apakah dia berada dalam kerangka berpikir yang benar melawan sikap dari manajer tim Unai Emery, yang telah menyambut Hector Bellerín, Shkodran Mustafi, Nacho Monreal dan Mesut Özil yang sudah kembali berlatih.

The Gunners tidak memiliki masalah di Bloomfield Road di mana mereka menang dengan skor 3-0 atas tim League One Blackpool di Piala FA akhir pekan lalu. Unai Emery mengistirahatkan pemain utamanya ketika pemain muda Joseph Willock memanfaatkan kesempatan itu untuk masuk sebagai starter.

Dari head to head kedua tim, Arsenal menang lima dan seri satu kali dari enam pertemuan terakhir melawan WHU. Namun, empat dari kemenangan ini terjadi di kandang sendiri, termasuk kemenangan 3-1 pada akhir Agustus tahun lalu.

Arsenal terus mengejar Chelsea dalam pertempuran untuk finish empat besar dengan kemenangan telak 4-1 atas Fulham di laga sebelumnya. Baik Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang berada di papan skor dalam kemenangan yang mengesankan di Stadion Emirates tersebut.

Kendati demikian, timnya Unai Emery terlihat kesulitan untuk konsisten pada laga-laga tandang karena mereka tidak pernah menang dalam empat tandang liga terkininya. The Gunners kebobolan sebanyak 21 gol dalam 10 tandang terbarunya musim ini.

Beruntung West Ham memiliki catatan kurang bagus di kandang sendiri dalam hal pertahanan. The Hammers telah kebobolan sebanyak 13 gol dalam enam laga liga kandang terakhirnya.

Lima laga terakhir Arsenal vs WHU
 25-8-2018-Liga Primer: Arsenal 3-1 West Ham United
 22-4-2018-Liga Primer: Arsenal 4-1 West Ham United
 20-12-2017-Piala Liga:Arsenal 1-0 West Ham United
 14-12-2017-Liga Primer: West Ham United 0-0 Arsenal
 6-4-2017-Liga Primer: Arsenal 3-0 West Ham United