JAKARTA - Pada tahun lalu, ancaman ransomware telah meningkat. Mereka bukan jenis virus yang dapat Anda singkirkan dengan antivirus yang tepat, mereka jauh lebih buruk.

Seperti yang dilansir dari laman Harian AS, Kamis (29/3/2018), Sebagian besar menyebarkan serangkaian kode untuk membajak komputer, memiliki nama AVCrypt dan dapat menonaktifkan antivirus sebelum membajak data.

Beberapa waktu yang lalu separuh Eropa dipengaruhi oleh Petya, potongan kode berbahaya itu membuat kekacauan sampai akhirnya sistem menyingkirkannya. Itu adalah strain WannaCry, mungkin ransomware serius pertama dalam beberapa tahun terakhir. Namun muncul hal baru yang paling ditakuti: AVCrypt. Ini bukan virus biasa, tetapi yang sangat mematikan untuk komputer manapun.

Karena ransomware bertindak dengan membajak mesin pengguna. Ini menyiratkan bahwa pemilik tidak akan dapat memulihkan datanya tanpa memenuhi permintaan peretas setelah serangan. Namun, situasinya lebih dikompromikan dengan AVCrypt, karena ia menonaktifkan antivirus sebelum bertindak. Nampaknya Windows 10 dapat melindungi Anda dari ransomeware ini untuk sementara.