JAKARTA - Calon wakil gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi berencana akan merelokasikan warga yang berada di sekitar kawasan Industri Purwakata. Pasalnya, kawasan industri tersebut saat ini dinilai telah mencemari udara. Untuk itu, dirinya pun tak ingin warga yang berada di kawasan tersebut tercemar akan udara yang tidak lagi sehat tersebut. "Hari ini saya buat program di mana masyarakat di sekitar industri itu harus digeser, dibuat jaring hijau di sekitar industri itu sehingga mereka tidak mendekati industri dan mereka bergeser pada kampung yang lebih baik," katanya, Senin (14/5/2018).

Menurutnya, bau menyengat di sekitar lokasi industri Purwakarta berasal dari pabrik yang berada di sekitar pemukiman warga. Untuk itu, dirinya kembali menegaskan ia juga akan membuat hutan atau kawasan hijau di lokasi industri untuk mencegah pencemaran udara semakin luas. Sementara, untuk menutup pabrik atau tempat industri, lanjut Dedy, secara tidak langsung akan mematikan pencaharian warga.

"Yang menjadi problem adalah hari ini belum bisa mengeluarkan biaya untuk pembebasan lahan di sekitarnya dan tidak mungkin lah industri didanai oleh dana APBD kabupaten karena itu tidak mungkin," jelasnya. "Dan kemudian juga kalau kita langsung menutup industri itu berapa triliun kerugian negara dalam setiap tahun dan masyarakat di sekitar juga akan kehilangan pekerjaannya karena mereka juga bekerja di industri itu," pungkasnya.