JAKARTA-Ribuan warga terlihat memadati tempat wisata Monumen Nasional di Jakarta Pusat, sebagai penutup libur akhir dan pergantian tahun baru 2018.  Berdasarkan penglihatan awak media, tidak sedikit warga yang beristirahat duduk direrumputan menikmati kesejukan di bawah pohon rindang. Padahal peringatan larangan duduk dirumput banyak terpampang besar.

Menurut Kepala Unit Monas Muhajirin, meskipun rumput diduduki warga tapi kondisi rumput tidak rusak parah dan peringatan soal larangan duduk dirumput tetap didengungkan pula melalui speaker tiap 15 menitnya. Selain itu pihaknya juga sudah menyiram rumput baik tanaman sebelum jam operasional Monas kembali dibuka setelah adanya penutupan usai malam pergantian malam tahun baru 2018.

"Untuk rumput yang terinjak tidak terlalu signifikan dan tadi pagi sudah saya adakan penyemprotan dengan dua buah tangki mondar-mandir dan dibantu dari Damkar. Alhamdulillah rumputnya enggak rusak dan bangun lagi," kata Muhajirin melalui pesan singkat, Jakarta, Senin (1/1/2018).

Untuk tarif tiket sendiri, warga dengan kategori dewasa hanya dikenakan buaya sebesar Rp 15.000, sedangkan untuk kategori anak dan pelajar dikenakan tarif sebesar Rp 4.000. Sementara untuk tarif parkir, warga hanya perlu mengeluarkan tarif Rp 2.000 tiap satu jam.