JAKARTA - Volkswagen meluncurkan mobil dengan konsep otonom baru yang diberi nama ID Vizzion dan akan dipamerkan secara penuh di Geneva International Motor Show, 8 - 18 Maret 2018. Mobil ini tidak memiliki setir kemudi maupun tombol kontrol yang terlihat. Mobil ini adalah generasi keempat yang masuk dalam kelompok jenis I.D. dan difokuskan pada pengembangan teknologi mobil listrik. Interior mobil ini sama sekali telah gaya tradisionalnya dan terlihat seperti telah didesain ulang sepenuhnya.

Seperti dilansir dari The Verge, Senin (19/2/2018), bahwa ide dibalik penciptaan I.D. Vizzion sendiri disebut untuk menciptakan kenyamanan bagi sopir dan membiarkan pengemudi menggunakan sistem otonom. Sopir dan penumpang bisa berinteraksi dengan mobil menggunakan suara, berkat asisten virtual yang telah terpasang dan dapat mengingat preferensi atau kesukaan masing-masing orang yang menggunakan mobil dan menyesuaikannya.

Mobil ini disebut menggunakan baterai lithium 111 kWh dan memiliki rentang perjalanan hingga 665 km dengan memperhitungkan pengereman regeneratif. Kecepatan tertinggi yang dapat diraih Vizzion adalah 180 km per jam atau sekitar 111 mil per jam.

Volkswagen telah berjanji untuk memperkenalkan 20 model mobil listrik hingga 2025 dan menempatkan model I.D sebagai produksi tahun 2020. Desain awal akan menggunakan model yang kecil dan kemudian menyusul sebuah SUV dan sedan yang lebih besar seperti dilansir dari Engadget. Hingga saat ini masih belum jelas kapan kepastian Vizzion akan dimasukkan dalam produksi atau tidak sama sekali.