BREAKINGNEWS.CO.ID - Simon McMenemy resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia. PSSI memberikan target tinggi untuk pelatih asal Skotlandia itu diharapkan mampu membawa Timnas Indonesia berada di peringkat ke-120 FIFA. Selain itu, Simon juga diharapkan mampu mebawa Indonesia ke putaran kedua kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala Dunia 2022. Putaran pertama akan digelar pada Juni 2019, sedangkan putaran kedua dimulai tiga bulan setelahnya.

Mantan pemain Bhayangkara FC, Vladimir Vujovic, memprediksi Simon dapat memenuhi target-target tersebut. Apalagi, kata Vujovic, Indonesia memiliki banyak pemain-pemain yang berkualitas.

"Dia pelatih yang bagus. Saya berharap dia sukses sebagai pelatih timnas Indonesia. Saya berharap Simon mencapai target untuk mengantar Indonesia ke peringkat 120 di FIFA," kata Vujovic yang pernah semusim dilatih Simon di Bhayangkara FC di Liga 1 2018," kata Vladimir Vujovic saat ditemui di Jakarta, Minggu (27/1/2019).

"Saya rasa indonesia pantas untuk itu karena punya pemain- pemain yang bagus. Simon juga pantas menjadi pelatih timnas Indonesia,' ujarnya, menambahkan.

Vlado, begitu sapaan akrabnya menuturkan, Simon merupakan pelatih yang berkualitas. Sebagai bukti, mantan pelatih Timnas Filipina itu pernah membawa Bhayangkara FC menjadi juara Liga 1 2018, dan pada musim 2018, Bhayangkara finis di peringkat tiga besar.

Keuntungan Simon, kata Vlado, dia sudah memiliki pengalaman dan mengerti kultur sepak bola Indonesia. Menjadi pelatih Mitra Kukar pada 2011, Pelita Bandung Raya pada 2012, Bhayangkara FC 2017-2018, menjadi keuntungan bagi pelatih 41 tahun tersebut.

"Dia tau situasi sepak bola Indonesia. Banyak pemain yang bermain di liga Indonesia, dia tau karakteristik pemain. Dia ikuti perkembangan setiap pemain selama di Bhayangkara. Dia bukan orang kemarin sore,"ucap mantan pemain yang kini menjadi pelatih klub Liga 1, Bogor FC itu.

Lebih lanjut, Vlado mengungkapkan, Simon merupakan pelatih yang memiliki mental juara. "Dia tau situasi dan dia tau mentalitas. Karakternya bagus. Dia selalu mau menang. Dia tak mau terlalu menatap jauh ke depan. Dia mau match by match,"ucapnya.

Ingin Kembalikan Kepercayaan Suporter

Sebelumnya, Simon McMenemy bertekad unduk mengambalikan kepercayaan suporter kepada Timnas Indonesia. Dia ingin, suporter kembali membuat Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi angker bagi tim lawan yang bertandang. "Ini adalah tugas besar. Saya percaya bisa menemukan kepingan yang hilang untuk membuat Indonesia kompetitif di level Asia,"ucap Simon.

"Saya berjanji akan mengembalikan kepercayaan suporter kepada Timnas Indonesia. Dengan menjadikan tim yang saya pegang menjadi tim yang memiliki kekuatan. Sehingga membuat para suporter bangga dengan Timnas Indonesia. Saya harap, Timnas Indonesia mendapat dukungan, karena yang membuat sebuah tim dapat mencapai level tertinggi adalah dukungan total dari suporternya," pungkas Simon.