BREAKINGNEWS.CO.ID – Sukses pelaksanaan Asian Games 2018 ternyata masih menyisakan sejumlah masalah. Salah satunya adalah pembayaraan pengganti uang transport dan makan untuk para volunteer  yang hingga saat ini tak kunjung cair. Salah seorang mahasiswi yang bertugas sebagai volunteer pada event tersebut mengaku belum menerima sisa uang yang menjadi hak mereka, meski event tersebut sudah berakhir sejak dua pekan lalu.

Sang mahasiswi menyebutkan bahwa, dirinya bersama sejumlah teman lain belum mendapatkan hak mereka,khususnya untuk tahap empat dan lima.

“Uang penganti tahap pertama hingga ketiga sudah kami terima, namun tahap empat dan lima, hingga saat ini tak kunjung cair,”ujar  volunteer Asian Games 2018  yang juga mahasiswi di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah ini kepada Breakingnews.co.id,  Sabtu (15/9/2019).

“Untuk tahap pertama, sudah kami terima tanggal 6 September lalu ke rekening masing-masing. Namun untuk tahap berikutnya belum lagi kami terima hingga saat ini."

Padahal,  saat masih dalam masa training, Inasgoc menjanjikan  pencairan seluruh dana tersebut maksimal 5 hari setelah acara selesai. Namun hingga saat ini, yang dijanjikan belum terealisasi. “Ini yang masih kami tunggu pencairanya sampai sekarang,”ujar perempuan berhijab yang bertugas di bidang transportasi Inasgoc tersebut.

Dikatakannya lagi. Untuk satu hari penugasan , mereka mendapat honor atau yang disebut sebagai pengganti uang tranportasi sebesar Rp300 ribu/hari, yang itu langsung dibayarkan ke rekening masing-masing petugas.

Adapun dirinya bertugas lebih dari 18 hari, sehingga berhak untuk mendapatkan pencairan tahap keempat dan lima.

Menjawab persoalan tersebut, Direktur Media dan Hubungan Masyarakat Inasgoc, Ratna Irsana Mahendra  menjelaskan bahwa keterlambatan tersebut lebih karena masalah teknis procedural. “Seluruh Allowance atau pengganti uang transport volunteer itu dibayarkan langsung melalui KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara),”jelas Ratna melalui percakapan aplikasi Whatsapp.

 Semua ditransfer langsung ke rekening masing-masing volunteer dalam kurun waktu lima hari. Transfer dilakukan tiga hari pasca absensi masuk ke meja  petugas yang juga dari Inasgoc.

Adapun volunteer yang belum mendapatkan allowance tersebut, maka persoalannya tak lain karena masa tugasnya yang lebih dari 18 hari. “Uang tersebut nantinya tidak diberikan secara cash, melainkan ditransfer ke bank-bank yang sudah ditentukan seperti Bank Mandiri, BRI dan BNI,”tutupnya.