JAKARTA - Bahkan lampu depan terbaik di dunia pun tidak dapat melihat semuanya, itulah sebabnya mengapa Volkswagen telah beralih ke trik baru Sistem Kamera Termal.

Seperti dilansir dari CNet, Jumat (4/5/2018), Volkswagen (VW) akan meluncurkan sistem kamera thermal pertama mereka pada model Touareg terbaru. Sayangnya, tidak semua negara akan mendapatkan mobil VW dengan fitur tersebut.

Hal tersebut bukan berarti sistem kamera ini tidak akan tersedia di mobil VW model lainnya seperti Arteon atau apapun untuk pembaruan berikutnya.

Pabrikan otomotif lain telah menawarkan kamera night vision hingga saat ini. Namun ini adalah upaya pertama untuk pabrikan VW. Cara kerja sistemnya cukup mudah. Ada sebuah kamera infra merah yang mampu mendeteksi hawa panas yang berasal dari manusia dan hewan di tampat-tempat yang mungkin tidak dapat diterangi oleh lampu depan. Kemudian sistem tersebut dapat memberi tahu pengendara bahwa ada sesuatu di dalam kegelapan, yang secara ideal dapat menghindari kecelakaan.

Kamera termal VW bekerja dengan sistem lainnya demi meningkatkan keamanan. Kumpulan sistem panel digital yang ada di Touareg akan menampilkan apa yang “dilihat” kamera dengan menyoroti warna kuning ketika obyek keluar dari jalan, berubah menjadi merah ketika obyek tersebut berada di dekat mobil dan dengan posisi tidak aman.

Ketika sebuah obyek masuk ke zona merah, panel layar akan beralih ke tampilan kamera dan member tahu pengemudi dengan peringatan audio. Sistem pengereman otomatis juga terintegrasi demi keamanan optimal.

Jika Touareg tersebut juga dilengkapi dengan lampu depan LED Matrix khas VW, mobil dapat menampilkan lampu flash peringatan kepada obyek jika kendaraan berkecepatan di atas 60 km per jam. Sistem kamera terbaru VW ini mungkin tidak dapat menghindari setiap kemungkinan kecelakaan, tetapi dapat menambah kewaspadaan pengendara yang sering berada di area jalanan gelap.