BREAKINGNEWS.CO.ID - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti adalah salah satu dari sekian banyak Menteri Kabinet Kerja I yang paling kontroversial. Menteri yang terkenal dengan jargon “tenggelamkan” ini menjadi Menteri yang dinilai paling sukses sekaligus paling disorot.

Pada Minggu (28/7/2019) Susi kembali membuat masyarakat terutama anak buahnya terhenyak kaget. Susi yang hanya lulusan sekolah menengah pertama itu membuat aksi mengupas buah kelapa tua. Aksi itu diunggah dalam akun twitter-nya sekitar pukul 13.00 WIB.

Aksi Susi ini tergolong luar biasa, karena biasanya mengupas kelapa dengan linggis hanya dilakukan oleh pengupas kelapa professional. Namun menterti wanita ini bisa dengan lihai mengupas kepala. Temponya pun cukup singkat karena tidak sampai satu menit, kelapa utuh itu terkelupas kulit serabutnya.

 

Susi pun memamerkan kelapa tanpa serabut kupasannya. Dalam postingnnya, Susi menulis, “Mengulang Keahlian 40 tahun yg lalu.” Sementara beberapa stafnya hanya bisa melihat sambil terbengong-bengong karena mereka pun tak yakin bisa melakukan keahlian yang biasanya hanya dimiliki laki-laki dengan tenaga yang kuat.

Dalam waktu sekitar 45 menit postingan di akun twitter Susi yang muncul pertama kali pukul 13.04, itu menjadi viral. Postingan itu mendapatkan "likes" lebih dari 1800 dan mendapatkan retweets sebanyak 450 kali, pada pukul 13.50 WIB

Susi adalah Menteri penuh kontroversi namun Berprestasi. Ia adalah Menteri wanita yang berani menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan. Berkat kebijakan tenggelamkan kapal asing pencuri ikan di Indonesia, maka hasil tangkapan nelayan Indonesia naik hampir tiga kali lipat.

Ia pun kerap diprotes oleh nelayan asing. Bulan lalu bahkan didemo di Vietnam karena ketegasannya menenggelamkan kapal nelayan Vietnam yang mencuri Ikan di Indonesia.

Menteri ini juga memiliki kebiasaan merokok meski pun tidak demonstrative. Kebijakannya pun terkadang sangat ekstrim. Lantaran suka berbagai cerita langsung dengan nelayan tanpa memperhatikan status sosialnya.

Menteri wanita pemilik Susi Air ini juga dikenal jago menerbangkan pesawat bermesin tunggal. Ia pun termasuk salah satu Menteri yang cukup kaya dengan kekayaan sebesar Rp 73,83 miliar menurut Data LHKPN 2017.

Menteri Susi juga aktif di media sosial. Bahkan ia pernah menjadi model dalam sebuah acara fashion show untuk penggalangan dana amal. Ia pernah menantang Sandiaga Uno untuk beradu cepat mengarungi danau sunter. Lebih heboh lagi, Susi juga pernah menantang pemilik Facebook, Mark Zuckerberg, untuk balapan lomba padding dengan saham Facebokk sebagai taruhannya.