BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales mengaku terkejut dengan hasil yang diraihnya di sesi latihan bebas kedua MotoGP Thailand 2018. Di mana pada sesi yang berlangsung di sirkuit Chang Internasiona, Buriram, jumat (5/10/2018) sore tersebut, pembalap berkebangsaan Spanyol ini mampu bercokol di urutan kedua pembalap tercepat.

Maverick Vinales terbang ke Thailand dengan ekspetasi yang kurang baik. Mengingat kondisi Yamaha saat ini sangat buruk. Bahkan dalam 23 balapan yang dilalu, Yamaha belum juga mendulang kemenenangan satu kalipun. Ini merupakaan rekor terbutuk tim berlogo garputala tersebut sejak berkecimpung di dunia balap Grand Prix.

Namun rupanya pada sesi latihan bebas pertama MotoGP Thailand, Vinales dan rekan setimnya Valentino Rossi sukses membawa Yamaha keluar sebagai yang tercepat. Meski hasil tersebut sempat tak merubah ekspetasinya. Tapi hasil pada sesi latihan bebas kedua, membuat ekspetasinya negatifnya berubah usai kembali tampil kuat dengan keluar sebagai pembalap tercepat kedua di belakang Andrea Dovizioso.

Mengomentari progresnya pada hari pertama, Vinales mengaku terkejut dengan pencapaiannya, dan sangat puas dengan performa YZR-M1 miliknya saat ini. “Well, sebenarnya ini kejutan, tapi toh kami menguji beberapa hal yang seharusnya kami coba sejak beberapa bulan sebelumnya,” ungkap Vinales usai menuntaskan latihan bebas kedua.

“Saya pikir secara umum, seperti yang saya katakan, saya tak ingin membuat ekspektasi untuk diri sendiri. Saya hanya ingin berkendara, menikmatinya, dan hari ini cukup positif, solid saat latihan bebas pertama dab kedua. Hari ini berjalan dengan baik, saya sebenarnya senang. Seperti yang saya katakan, terkadang pekerjaanya tidak bagus, hari ini bagus, sangat bagus,” katanya, dikutip Motorsport. 

“Kami melakukan pekerjaan bagus dari latihan bebas pertama menuju latihan bebas kedua, perubahan bagus dan saya dapat berkendara dengan sangat presisisi,” ia menambahkan.

Ketika disinggung lebih lanjut perihal perubahan yang dilakukan tim terhadap YZR-M1, Top Gun memaparkan mereka melakukan sedikit perubahan dengan distribusi penyaluran berat motor. Dampak yang didapat cukup signifikan, motornya kini sedikit meningkat dalam pengereman, akselerasi pun ikut naik karenanya.
“Ya, khususnya pada keseimbangan bera, yang sangat penting. Hari ini, kami sedikit membaik dalam pengereman, sedikit pada akselerasi, dan akhirnya kami melakukannya. Ini penting, tes ini, begitupun untuk 2019, dan saya sangat senang dan puas dengan hasil hari ini, dan mari lihat besok,” tutupnya.