BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales kembali menunjukan ancaman serius pada pergelaran seri kedepalan MotoGP musim 2018 yang berlangsung di sirkuit TT Assen, Belanda. Di mana ia berhasil menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas kedua pada Jumat (29/6/2018) WIB. Pembalap asal Spanyol ini membekukan waktu terbaiknya 1 menit 33, 378 detik.

Torehan waktu yang dibekukan Vinales ini meningkat satu detik lebih cepat dibanding raihan waktu yang diperolehnya pada sesi latihan bebas pertama yang menghantarkannya sebagai pembalap tercepat kedua di sisi tersebut. Sementara itu, pada tempat kedua diisi oleh pembalap Susuki Ecstar, Andrea Iannone. Pembalap berjuluk The Manic ini juga menunjukan peningkatan signifikan. Jika pada sesi latihan pertamnya hanya menempati urutan keenam dengan membekukan waktu 1 menit 34, 664 detik, maka pada sesi latihan kedua ini, ia berhasil mempertajam waktunya dengan raihan 1 menit 33, 499 detik.

Sedangkan pada posisi ketiga, ditempati oleh pembalap Alama Ducati Pramac Team, Danilo Petrucci. Tampil begitu memukau, pembalap asal Italia ini mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 33, 764 detik. Ia hanya telat 0, 386 detik dari Vinales. Sementara itu, Valentino Rossi masih konsisten berada di lima besar pembalap tercepat dengan menempati urutan keempat pembalap tercepat setelah menorehkan waktu terbaiknya 1 menit 33, 779 detik.

Pembalap LCR Honda Castrol. Cal Crutchlow juga menunjukan peningkatan perfoma pada sesi latihan kedua kali ini. Jika pada sesi latihan pertama hanya bercokol di urutan kesembilan pembalap tercepat, maka pada sesi ini ia berhasil menempati urutan kelima dengan waktu terbaiknya 1 menit 33, 812 detik.

Penurunan perfoma ditunjukan pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso. Ia harus terlempar keluar dari posisi lima pembalap tercepat usai hanya mampu membekukan waktu terbaiknya 1 menit 33, 859 detik yang membuatnya harus puas berada di urutan keenam. Meski demikian pembalap asal Italia ini masih mengungguli rekan setimya, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez yang dimana pada sesi latihan bebas kedua ini hanya mampu menempati posisi ketujuh dan kedelapan.

Sementara itu, Alex Rins dan Johann Zarco melengkapi posisi 10 besar, sementara Jack Miller, yang pada pagi hari mengisi slot keempat, terjun bebas ke peringkat ke-16. Pemenang MotoGP Belanda 2016 itu harus bekerja keras untuk memperbaiki catatan waktunya esok, demi mengamankan tiket babak kualifikasi Q2. Adapun rookie asal Malaysia, Hafizh Syahrin, kembali tampil impresif dengan menempati posisi ke-12. El Pescao lebih lambat 0,868 detik atas Vinales.