BREAKINGNEWS.CO.ID – Dengan berkembangnya industri game dan eSport saat ini, membuat video game menjadi instrument hiburan yang populer di tahun 2018 ini. Dengan kepopulerannya itu, video game pun berhasil mengalahkan televisi, film, atau buku.

University of Central Florida, pun telah melakukan penelitan kepada 66 orang dan hasilnya bermain video game mampu membuat seseorang menjadi lebih rileks dibandingkan kegiatan relaksasi lainnya, seperti meditasi ataupun bersantai dan minum kopi.

Dan lebih jauhnya lagi, video game kini telah menjadi sumber hiburan terdepan mengalahkan televisi, film, atau buku. Sepert laporan yang diturunkan oleh Reuters pada bulan Juli 2018, industri gaming telah bertumbuh sebesar 10,7 persen dalam setahun terakhir dengan total pendapatan mencapai USD 116 milliar.

Sedangkan industri televisi mengalami penurunan sebesar 8 persen secara global, dengan pendapatan sebesar USD 105 milliar. Popularitas video game sebagai wadah entertainment dan gaya hidup mampu menarik perhatian kalangan selebriti.

Tak hanya game streamer yang kini mulai dikenal oleh kalangan awam seperti Tyler “Ninja” Blevins di AS atau Justin “Jess No Limit” di Indonesia. Sebaliknya, figur publik seperti pesepakbola Inggris dari klub Tottenham Hotspurs, Dele Alli, dan Disc Jockey dari Amerika Serikat, ‘DeadMau5’, mereka juga mulai aktif bermain video game.

Di Indonesia, salah satu selebriti yang turut aktif menggeluti dunia gaming adalah finalis Indonesian Idol, Brisia Jodie. Lewar sebuah acara Serba Serbi Gamers (Seru Bareng Selebriti & Gamers), sebuah program hiburan yang ditayangkan langsung di Nimo TV beberapa waktu lalu.

Adalah hal yang biasa jika dunia game dan eSports memang tidak bisa dipisahkan, karena eSports sebagai spectator sport bergantung pada dukungan para pemain game tersebut. Dan dengan berkembang industry game saat ini, banyak kalangan yang berbondong-bondong membuat chanel Youtube yang membahas game.