BREAKINGNEWS.CO.ID -   Pedangdut Via Valen membalas sentilan ‘sentil’ Jerinx SID lewat akun sosmed pribadinya, atas tuduhan menyanyikan lagu Sunset Di Tanah Anarki tanpa pernah meminta ijin. Pelantun theme song Asian Games 2018, “Meraih Bintang” ini selain minta maaf, juga balik menegur dan menantang musisi rock asal Bali tersebut untuk membuktikan tuduhan yang dialamatkan padanya.

Penyanyi bernama lengkap  Maulidia Octavia yang kini lebih akrab dengan panggilan Via Vallen itu tak ingin dipersalahkan sepenuhnya atas apa yang dituduhkan. Perempuan kelahiran Surabaya itu a angkat bicara lewat akun Instagram @viavallen, Minggu (11/11/2018). Inilah tiga point balasan Via Vallen yang ditujukan kepada Jerinx SID lewat akun resminya, sebagai berikut;

Kenapa harus saya (SAJA)??? sebenernya sy sudah ngak mau komentar2 apapun tentang masalah2 yg ada di kehidupan sy yg disebabkan oleh orang lain, karena saya tidak mau dianggap sebagai penyanyi yg penuh dengan sensasi belaka dan sy jg tidak ingin orang2 yg menyayangi sy ribut di media sosial  karena membela sy.

Tapi kali ini sy TERPAKSA harus ikut angkat bicara krn masalah ini jadi kemana mana sehingga membuat orang2 berpendapat yg salah menurut sy (emoji)

Sy akan klarifikasi sejelas jelasnya melalui tulisan sy ini agar sy tidak perlu mengklarifikasi apapun lagi tentang masalah ini krn di kontak management sy sudah sangat banyak sekali media yg mempertanyakan hal ini (emoji)

Pertama, dengan segala kerendahan hatii, sy mohon maaf kpd pihak mas jering selaku pemilik SID jika memang selama ini tidak berkenan lagunya sy pakai untuk bernyanyi di atas panggung off air dgn irama musik dangdut yg menurut mas Merusak RUH dr lagu tersebut.

Sekali lagi dr lubuk hari yg paling dalam sy mohon ma’af, sungguh sy tidak ada sedikitpun niat untuk merusak lagu siapapun melalui genre musik sy (emoji)

Kedua, Lagu sunset di tanah anarki yg sy nyanyikan sekitar tahun 2013 katanya sudah dikomersilkan dalam bentuk DVD.

Pernyataan sy, dalam bentuk vcd apa?

Bajakan kah? Atau vcd resmi dari label???

Setau sy, setiap sy off air memang beberapa penyelenggara mendokumentasikannya dgn video shooting, sy HANYA SEBATAS MENYANYI di atas panggung dan setau sy dokumentasi tersebut untuk koleksi pribadi mereka, sy tidak tau menahu soal di komersilkan lewat vcd atau youtube, karena sekali lagi sy hanya sebatas menyanyikannya ketika di atas panggung soal dikomersilkan sy tidak tahu dan sy juga tidak pernah menikmati hasil dr dikomersilkannya dokumentasi tersebut.

Kalau dikomersilkan lewat vcd bajakan sy mohon maaf, sy tidak bisa berbuat apa2 karena sy tidak tau siapa pembajaknya

Tapii, jika ada lagu sunset di tanah anarki yg sy nyanyikan ketika off air dikomersilkan melalui vcd original oleh label manapun Silakan kasih sy bukti kaset vcdnya, sy siap MENUNTUT label tersebut karena sy pribadi tidak pernah merasa diminta menyanyikan lagu tersebut untuk di komersilkan atau di jual bentuk kaset vcd nya oleh label local atau manapun. (emoji).

Ketiga, soal cover, mencuri lagu sampe memperkaya diri. Sy mohon maaf jika sy salah karena menyanyikan lagu anda di panggung off air tanpa seijin anda, tapi mohon maaf sy tidak merasa mencuri lagu anda karena sy Cuma menyanyikan di panggung off air dan sampe detik ini lagu itu masih jelas MILIK ANDA, jika saya mencuri sudah pasti sy akan mengakui bahwa lagu tersebut adalah lagu yang saya ciptakan, tp disini sy tidak pernah mengakui karya orang lain sebagai karya saya. (emoji).

Soal memperkaya diri dari lagu tersebut, sy juga ingin memperjelas bahwa sampai detik ini sy BELUM PERNAH merasakan 1 RUPIAH Pun uang dari hasil penjualan fisik vcd atau digital (youtube dll) dari lagu tersebut seperti yg anda tuduhkan.

Ngomong2 soal digital, kalau kalian mau menanyakan soal cover di youtube Via Vallen Official, sampe detik inipun “Via Vallen Official” youtube sy belum pernah mencairkan uang satu rupiahpun. (emoji).

Jika kalian ragu dgn statement sy ini, kalian bisa langsung cek ke kantor youtube yg ada di Indonesia untuk menanyakan kebenaran soal akun youtbe sy “Via Vallen Official”.

Tujuan sy mengcover lagu untuk di unggah di youtube “Via Vallen Official” sekali lagi BUKAN UNTUK UANG

Jadi selama ini saya hanya mendapatkan Uang dari off air panggung ke panggung, BUKAN DARI DIGITAL. Dan sy rasa itu sudah lebih dari cukup untuk hidup sy dan keluarga sy. (emoji).

Satu lagi, kalian pasti ada yg menganggap SAYA TIDAK SOPAN krn harus membalas lewat media ini juga, knp tidak langsung ke yang bersangkutan.

Sekali lagi sy mohon maaf jika sy dianggap tidak sopan. (emoji).

Sy seorang anak perempuan yg dilahirkan oleh perempuan yg luar biasa dgn harapan besar menjadi orang yg sukses, baik dan membanggakan.

Tapi di sini anda bilang bahwa saya ngak ada bedanya sama “F*CKING WH*RE” buat yg ga tau artinya apaa.

Menurut google artinya adalah “PEL*CUR  SIAL*AN”.

Jangankan sy, Seorang pel*cur dibilang pel*cur saja pasti gak terima, apalagi sy yang bukan pel*cur???

Bagaimana perasa’an sy? Apalagi perasa’an orang yg telah melahirkan sy???

Ibu mana yang terima anaknya di samakan dengan pel*cur ???

Jadi Apakah sy salah jika sy tidak mau mengklarifikasi face to face dengan orang yg sudah menyamakan sy dengan pel*cur???

Coba dibalik kalau adik perempuan / kakak perempuan / ibu anda dibilang pel*cur. Apakah anda terima???

Hargailah perempuan, karena yang melahirkan anda adalah perempuan. Sekali lagi jika menurut kalian tindakan sy ini salah, sy mohon maaf.

 

Teguran Jerinx

Sebelumnya lewat IG pribadinya Jerinx Superman Is Dead (SID) memberi teguran secara tertulis pada Via Vallen melalui akun Instagramnya.

 

Drummer SID ini, mengungkapkan kekesalannya pada Via Vallen terkait lagu "Sunset di Tanah Anarki" yang sering dibawakan oleh penyanyi dangdut tersebut secara komersil tanpa meminta izin dari pemilik aslinya.

 

Jerinx mengungkapkan alasannya mengapa setelah sekian lama ia baru mempermasalahkan hal tersebut. Sebab menurutnya, sebentar lagi SID akan merilis album yang kemungkinan besar akan "dicuri" lagi oleh Via Vallen.