BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel memuncaki sesi latihan bebas kedua Formula 1 GP Inggris 2018 yang berlangsung di sirkuit Silverstone, Jumat (6/7/2018) WIB. Pembalap asal Jerman tersebut menorehkan waktu terbaiknya 1 menit 27, 552 detik. Sesi ini juga dihiasi oleh kecelakaan yang dialami oleh pembalap Red Bul Racing, Max Verstappen.

Sementara itu posisi kedua tempati oleh pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton. Pembalap yang tercepat pada sesi latihan bebas pertama ini hanya mampu membekukan waktu terbaiknya 1 menit 27, 739 detik. Waktu tersebut diraih Hamilton dari dua kali percobaan dengan mengunakan tipe ban yang berbeda. Di mana pada percobaan awal Hamilton dengan kompon soft tampak tidak begitu baik dan ia hanya bisa menempati posisi keempat, sementara Bottas naik ke posisi dua memisah duo Ferrari. Hamilton kembali melakukan hotlap dengan menggunakan ban hayper soft, dan ia berhasil memperbaiki waktunya menjadi 1 menit 27,739 detik, terpaut 0,187 detik dari Vettel.

Sedangkan pada tempati ketiga disi oleh tandemnya, Veltteri Bottas. Pembalap asal Firlandi itu menorehkan waktu terbaiknya 1 menit 27, 909 detik. Raihan waktu tersebut lebih lambat 0, 357 dari Vettel. Sementara pada posisi keempat ditempati oleh pembalap Scuderia Ferrari lainnya, Kimi Raikkonen setelah hanya mampu menorehkan waktu terbaiknya 1 menit 28, 045 detik.

Daniel Ricciardo masih konsisten masuk dalam lima pembalap tercepat pada sesi latihan bebas ini. Pembalap Red Bull Racing ini berhasil mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 28, 408 detik. pembalap berkebangsaan Australia ini disusul oleh pembalap McLaren, Fernado Alonso ditempat keenam. Juara dunia satu kali Formula 1 ini menorehkan waktu terbaiknya 1 menit 29, 306 detik.

Pada tempat ketujuh diraih oleh pembalapm Renault, Nico Hulkenberg. Pembalap asal Jerman ini menorehkan waktu terbaiknya 1 menit 29, 354 detik. Esteban Ocon menempati urutan kedelapan diikuti Sergio Perez di posisi kesembilan dan Charles Leclerc di posisi kesepuluh.

Kecelakaan Verstappen

Tepat 15 menit sesi FP2 berjalan, bendera merah berkibar tanda sesi dihentikan sementara karena insiden kecelakaan yang dialami Max Verstappen. Pembalap muda berkebangsaan Belanda itu kehilangan kendali selepas tikungan Luffield dan kemudian melakukan koreksi berlebih hingga akhirnya melintir dan menabrak dinding pembatas sebelah kiri trek.

"Kamu baik-baik saja Max?" tanya Red Bull yang kemudian dijawab oleh Verstappen: "Tidak, bagian belakang mobil saya rusak parah arghh..." Ini menjadi nasib sial keduanya pekan ini, karena pada latihan bebas pertama Verstappen mengalami masalah girboks dan terpaksa mengakhiri sesi lebih awal.