JAKARTA – Pebalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel menyebutkan ada tiga masalah yang harus segera dibenahi oleh tim berlogo kuda jingkrak tersebut pada mobil SH71H andalan mereka, jika tak ingin kembali dipecundangi oleh rival terberat mereka saat ini , Mercedes pada seri balapan Formula 1 selanjutnya.

Mercedes meraih sukses besar pada seri balapan GP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Cataluna, Barcelona pada akhir pekan kemarin dengan menghantarkan kedua pebalapnya, Lewis Hamilton dan Veltteri Bottas meraih podium pertama dan kedua.

Sementara Ferrari hanya mampu membawa Vettel finis di urutan keempat, sementara tandemnya, Kimi Raikkonen tersingkir usai mesin baru yang digunakannya kehilangan kecepatan.

"Pertama, kami tidak cukup kencang," ucap Vettel yang kini tertinggal 17 poin di belakang Hamilton pada klasemen.

"Jika kami tidak mengetahui kenyataan itu maka sama saja kami buta. Karena kami jelas-jelas tidak punya pace di stint pertama,” imbuhnya doikutip Motorsport. 

"Kemudian kedua: Saya pikir sepanjang pekan ini kami sedikit kesulitan dengan ban. [Spesifikasi] ban berubah, tapi perubahan itu juga dirasakan semua tim. Jadi kami harus lebih unggul dalam hal ini, dan bukan lebih buruk,” lanjutnya.

"Ketiga: Dalam hal reliabilitas saya pikir kami baru saja melewati pekan yang buruk. Kimi mengalami masalah dengan mesinnya [pada hari Jumat] dan tentu setelah itu tersingkir dari balapan. Jika kami tidak bisa memperbaiki hal-hal tersebut, maka tidak ada alasan lagi," pungkasnya.