BREAKINGNEWS.CO.ID - Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, memuncaki klasemen Pul C LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7 setelah mengalahkan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Semarang. Mereka menang dengan skor 6-2 dalam laga di GOR Manunggal Jati, Jumat (15/11/2019) malam.

Pada laga sebelumnya, kedua tim sama-sama mengantungi hasil seri saat berhadapan dengan lawannya. UTP mendapat skor imbang 1-1 saat bertanding dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Yogyakarta. Unwahas mengantungi hasil yang sama saat berhadapan dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Gol pertama baru tercipta pada menit ketujuh. Sundulan Bara Waluya di depan gawang setelah menerima umpan dari sepak pojok, yang dilakukan Muhammad Faiq Sholakhuddin, mampu membuat Unwahas unggul 1-0. Gol tersebut merupakan gol kedua yang ia ciptakan selama LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7.

UTP berhasil menyamakan kedudukan lewat Muhammad Ridwan. Reaksi cepatnya dalam memaksimalkan bola yang ditendang Ahmad A. Wilarso membuat skor menjadi imbang 1-1 pada menit ke-12. Gol Ridwan menjadi gol terakhir pada babak pertama.

Pada babak kedua, UTP menambah gol lewat Muhammad Haris Aji Putra. Gol tersebut juga tercipta karena kerja sama antarpemain mereka saat melakukan tendangan bebas. UTP unggul dengan 2-1 pada menit ke-22. Berselang satu menit, Haris mencetak gol lagi berkat reaksi cepatnya terhadap bola yang ditendang sang kapten, Ryan Adinata.

Gol kembali tercipta untuk tim asal Surakarta tersebut. Muhammad Fahrul Febrianto langsung menceploskan bola ke gawang Unwahas setelah menerima umpan dari Fajar Firmansyah. Gol pertama student athlete berusia 18 tahun tersebut di LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7, membuat unggul dengan skor 4-1.

Setelah gol dari Fahrul, UTP menambah dua gol lagi lewat gol kedua Ridwan pada menit ke-33 dan gol Muhammad Rizal Himawan pada menit ke-37. Kedua gol tersebut membuat UTP memenangi laga ini dengan skor 6-2.

Semangat kedua tim dalam bertanding tentu dilatarbelakangi oleh suatu tujuan. UTP sendiri ingin mempertahankan gelar dan Unwahas mengincar posisi runner-up terbaik untuk melaju ke empat besar. “Alhamdulillah kami diberi kemenangan pada pertandingan hari ini. Mungkin pada laga sebelumnya anak-anak yang baru masuk sempat kaget karena sebelumnya hanya bermain di tingkat SMA. Namun, selain pemain baru, ada juga pemain senior yang bisa menjadi anutan di lapangan sehingga mental mereka meningkat. Kami berharap akan kembali memenangi sisa laga nanti sehingga bisa mempertahankan gelar,” Rendra Agung Prabowo, pelatih UTP.

Di sisi lain, pelatih Unwahas, Erwin Budi Setyo, mengatakan, “Pertandingan hari ini cukup seru. Ini akan menjadi pembelajaran untuk saya dan anak-anak karena memang banyak kekurangan saat pertandingan ini. Konsentrasi anak-anak juga sempat menurun sehingga tertinggal dari lawan. Untuk pertandingan selanjutnya, kami akan tetap berusaha secara maksimal. Meski peluang kami kecil, kami tetap ingin mengincar runner-up terbaik.”

Dengan hasil ini, UTP yang sebelumnya berada di dasar klasemen, melesat ke pucuk Pul C LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7 dengan torehan empat poin. Unwahas turun satu tingkat ke posisi kedua dengan koleksi satu poin.

Pada laga selanjutnya, UTP akan melawan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, pada Minggu (17/11) pukul 15.45. Unwahas akan berhadapan dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Yogyakarta, pada Sabtu (16/11) pukul 19.15.