BREAKINGNEWS.CO.ID - Sesuai dengan tema 'Lautku Bersih' ajang pemilihan Miss Earth Indonesia (MEI) 2018 kembali digelar. Dengan dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bersama Kementerian Pariwisata, para kontestan akan mendapatkan pembekalan dari pemateri yang unggul dalam bidang lingkungan, public speaking, pariwisata, dan juga kecantikan.

Sebanyak 30 kontestan dari seluruh Indonesia menggunjungi salah satu tempat rekreasi di Jakarta yakni Jakarta Aquarium, Selasa (3/6/2018). Hal ini merupakanpelatihan lingkungan hidup kontes kecantikan bertema lingkungan hidup yang dihelat Yayasan El John.

Tahun ini, Miss Earth Indonesia mengambil tema The Real Implementation of Sustainable Development. Kunjungan ini merupakan bentuk kepedulian para kontestan terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup, terutama laut.

Sebab, berdasarkan data penelitian dari Jambeck et al Science 2015, Indonesia merupakan negara penghasil sampah terbanyak kedua setelah Cina. Artinya, keadaan laut Indonesia kini dipenuhi dengan sampah. Akibatnya kehidupan biota laut jadi terancam. "Mereka harus mengantongi informasi lebih jauh tentang satwa terutama laut," papar, Cindy Guinata, General Manager El John.

Pada saat yang sama, Hans Manansang, selaku Direktur Jakarta Aquarium senada dengan Cindy. Menurutnya, misi Jakarta Aquarium sama dengan Miss Earth untuk menggaungkan kampanye peduli dengan lingkungan hidup biota laut. Dalam hal ini, Jakarta Aquarium, beserta El John dan Finalis Miss Earth gaungkan suara 'Lautku Bersih'. "Kami ingin mengajak dan menggugah hati masyarakat utk peduli lingkungan," ujar Hans.

'Lautku Bersih' merupakan gerakan nyata untuk mengurangi pembuangan sampah plastik ke laut. Masalahnya, sampah-sampah plastik tersebut dapat merusak kehidupan biota laut. Sampah plastik yang mencemari lautan dapat menjadi racun bagi hewan laut, dan berujung kepada kematian. Solusinya adalah mengganti penggunaan plastik dengan bahan mudah didaur ulang seperti kertas, alumunium, dan bambu.

Kunjungan tersebut sekiranya berlangsung selama dua jam. Saat memasuki area aquarium, mata pengunjung lain langsung terpana dengan kehadiran para finalis. Mereka memang cantik tapi tidak hanya bermodalkan itu saja. Sambil berkunjung mereka juga mempelajari lebih mendalam mengenal spesies biota laut yang amat beraneka macam. Maklum, calon Miss Earth harus paham betul keadaan lingkungan.

Karantina Miss Earth Indonesia diselenggarakan di Ibis Budget Hotel Jakarta Daan Mogot, 25 Juni – 7 Juli 2018, sedangkan malam Final Miss Earth Indonesia 2018 disiarkan secara live streaming melalui YouTube dan El John TV berlangsung di Sun City Grand Ballroom Jakarta, 6 Juli 2018.