PADANG - Usai menunaikan ibadah shalat Jum'at di Masjid Raya Sumatera Barat, Presiden Joko Widodo kemudian mengajak para ulama asal Sumbar untuk menikmati makan siang di restoran Pauah Piaman, Kota Padang. Para ulama yang diajak Jokowi tersebut diantaranya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin, Ketua Dewan Masjid Julius Said, pimpinan Yayasan Syekh Sulaiman Arrasuli Syukri Iska, ulama Nahdlatul Ulama Maswar dan Syamsul Bahri Khatib. Presiden mengajak para ulama untuk makan siang di sebuah restoran yang lokasinya tak begitu jauh dari masjid.

Dalam perjalanan menuju ke restoran tersebut, Jokowi tidak menaiki mobil kepresidenan RI 1, melainkan dirinya malah menumpangi bus yang sebelumnya digunakan untuk para ulama. Selain itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga ikut dalam rombongan tersebut. Sementara mobil RI 1 mengikuti bus dari belakang.

Dalam perjalan menuju restoran, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang dengan para ulama terkait dengan pembangunan Masjid Raya Sumbar tersebut yang saat ini dalam tahap penyempurnaan. Selain itu, Jokowi dan para ulama juga sempat berbincang terkait kunjungan kenegaraan ke Afganistan beberapa waktu lalu.

Adapun yang dibahas dalam perbincangan tersebut yakni soal foto presiden yang menjadi imam saat melakukan shalat Dzuhur dan foto lainnya dalam rentang waktu yang bersamaan Jokowi menjadi makmum. Kedua foto tersebut kemudian viral di media sosial.

Bincang-bincang yang dilakukan presiden dan ulama tampak hangat, penuh tawa dan canda. Usai makan siang, presiden beserta ulama melakukan foto bersama.