BREAKINGNEWS.CO.ID - Para atlet pelatnas English Biliard dan Snooker Indonesia mendapatkan tes kejutan dari sang mentor Three Ball Theory (TBT), Ashok Shandilya, setelah mereka menjalani pemusatan latihan (training camp/TC) selama 16 hari di Three Ball Theory (TBT) Academy yang berlokasi di Kota Indore, Madhya Pradesh, India.

Tes tersebut bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemajuan yang telah diraih tim besutan Achmad Fadil Nasution tersebut sebelum berlaga di SEA Games 2019 di Filipina, Ashok menantang Marlando Sihombing dan kawan-kawan bertanding melawan atlet-atlet handal asal India.

Duel akan berlangsung di Twins OPP C21 Mall Indore, Madhya Pradesh, India mulai pukul 4:00 PM atau 17.30 WIB waktu Indonesia. Sesuai kesepakatan duel akan memainkan lima partai yang terdiri dari 2 partai single english billard, 2 partai single snooker dan 1 partai double snooker.

Tidak hanya diperkuat Ashok Shandilya yang merupakan mantan juara dunia snooker, tim TBT Academy juga akan diperkuat juara english billiard saat ini Siddhart Parikh. Bahkan secara khusus mendatangkan peraih emas beregu six red Asia, Faisal Khan dari Mumbai untuk bekerjasama dengan atlet six red snooker nomor dua dunia, Amme Kamani dan juara snooker Madyha Pradesh, Ketan Chawla serta mantan 16 besar dunia english billiard, Aditya Agrawal.

Duel akan berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (21-22 November). Berdasarkan drawing duel hari pertama akan dibuka dengan laga di nomor single snooker antara Gebby Adi Wibawa Putra melawan Ketan Chawla. Dilanjutkan dengan pertandingan Yoni Rachmanto melawan Faisal Khan. Setelah dua laga di nomor snooker, dilanjutkan dengan dua pertandingan di nomor english billiard antara Marlando Sihombing kontra Siddhart Parikh dan Jaka Kurniawan Ginting melawan Aditya Agrawal. Duel ditutup dengan pertandingan snooker ganda antara pasangan I Putu Edi Wirawan/Dhendy Krhistanto menghadapi Amme Kamani/Ashok Shandilya.

Pada duel hari kedua, Jumat (22/11), Gebby Adi Wibawa Putra melawan Faisal Khan, kemudian Yoni Rachmanto kontra Ketan Chalwa, kemudian Marlando Sihombing lawan Aditya Agrawal, Jaka Kurniawan Ginting menghadapi Sidhart Parikh dan ditutup dengan duel di nomor snooker ganda I Putu Edi Wirawan/Dhendy Krhistanto melawan Amme Khan/Ashok Shandilya.

Tingkatkan Jam Terbang

Pelatih Tim English Billiard dan Snoker Indonesia, Achmad Fadil Nasution menyambut positif kesempatan duel melawan jago-jago India. Fadil berharap Marlando Sihombing dkk dapat memanfaatkan duel ini untuk meningkatkan kualitas permainan dan mental bertanding.

"Karena kita tidak ada tryout ini akan membantu jam terbang bertanding," kata Fadil dalam pesan yang dikirimkan via WhatsApp, Kamis (21/11).

"Mengenai duel secara keseluruhan kami belum berharap terlalu banyak untuk dapat menang, namun dapat mengimbangi dan atlet dapat mengeluarkan semua kemampuan yang dia miliki harapan kami," tambahnya.

Ditanyakan soal progres yang dicapai Marlando Sihombing dkk setelah menjalani TC di Three Ball Theory Academy di Kota Indore Madhya Pradesh, sejak 6 November.

"Kemampuan tehnik atlet semuanya berkembang cukup baik," jawabnya.

Para atlet pelatnas English Billiard dan Snooker Indonesia dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada Sabtu (23/11) mendatang. Mereka akan kembali menjalani pemusatan latihan di puslatnas PB POBSI Jakarta. Marlando dkk direncanakan akan bertolak ke Filipina untuk mengikuti SEA Games 2019, pada 1 Desember mendatang dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten.