BREAKINGNEWS.CO.ID - Tim.putra Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaju ke babak final Liga Mahasiswa ( LIMA ) Futsal: Blibli.com West Java Conference Season 7 usai mengalahkan IKIP Siliwangi dengan skor tipis 3-2  di Mayasari Sport Hall  Tasikmalaya, Sabtu (12/10/2019)

UPI unggul lebih dulu di babak pertama pada menit ke-19, lewat gol yang diciptakan Fikriansyah. Tak hanya UPI, IKIP Siliwangi juga mendapat beberapa kali peluang mencetak gol. Mereka melakukan lima kali shot on target.

Pada babak kedua, UPI menambah dua gol lagi. Fikri menciptakan gol keduanya pada menit ke-23, dan gol satu lagi berasal dari Naufal Fajar Islami pada menit ke-32. Meski sudah tertinggal, IKIP Siliwangi tetap berjuang hingga akhir. Usaha mereka pun membuahkan hasil. Dalam kurun waktu dua menit, mereka mampu mencetak dua gol. Gol pertama tercipta dari Moch. Fallah Virki Perbangsa pada menit ke-35, sedangkan pada menit ke-37, Wilmi Darmawan juga menambahkan satu gol. Namun, UPI akhirnya bisa mempertahankan keunggulan tipis sampai akhir duel.

"Alhamdulillah kami bisa memenangi pertandingan hari ini. Kami tidak ingin menyia-nyiakan pengorbanan yang sudah dilakukan. Oleh karena itu, kami selalu mencoba untuk tampil maksimal di setiap laga demi membawa nama UPI. Dengan ikut kompetisi ini, para pemain juga jadi memiliki target. Tidak hanya dalam kompetisi, tetapi juga di akademik," kata pelatih UPI, Muhammad Fahrul Hamzah.

"Para pemain sudah berusaha maksimal. Mungkin kami memang belum diberikan rezeki. Namun, kekalahan bukan akhir dari segalanya. Sebagai tim debutan, ini juga merupakan prestasi yang besar. Kami bisa membuktikan kepada orang yang memandang miring kampus kami. Meski kampus kami kecil, kami ingin membawa kampus kami menjadi besar," pelatih IKIP Siliwangi, Wildan Nasrul Sidik.

Kedua pendapat tersebut sejalan dengan LIMA. Lewat kompetisi, mereka bisa meningkatkan soft skill. Namun, tak hanya berprestasi di olahraga, para student-athlete yang berpartisipasi juga dituntut untuk memikili IPK sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Selain itu, dengan ikut kompetisi ini, mereka juga akan bertemu dengan kampus-kampus lain. Hal itu membuat mereka bisa memperkenalkan kampus sekaligus mengembangkan industri olahraga di tingkat perguruan tinggi.

Di final MInggu (13/10/2019) ini,  UPI bertemu dengan  Universitas Padjadjaran (Unpad) yang di semifinal lainnya sukses menekuk STKIP Pasundan dengan skor 7-1.

Sementara dari nomor putri, penentuan juara zona Jawa Barat ini akan mempertemukan pimpinan klasemen sementara yang diduduki oleh Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, melawan rivak sekotanya yakni Unpad yang bercokol di peringkat dua klasemen sementara.