BREAKINGNEWS.CO.ID - Calon Presiden petahana, Joko Widodo (Jokowi) untuk pertama kalinya mengguli calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto di di Banten. Hal itu tertera dalam hasil survei yang dilakukan Media Survei Indonesia (MSI) soal elektabilitas kedua pasangan, Jokowi=Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga. Direktur Eksekutif Media Survei Indonesia (MSI) Asep Rohmatullah menjelaskan terjadi perubahan konstelasi politik yang cukup signifikan di Banten. Prabowo yang pada Pilpres 2014 menguasai Banten, kini elektabilitasnya berhasil disalip Jokowi-Ma'ruf.

Empat tahun lalu Prabowo unggul. MSI membeberkan hasil Pilpres 2014 di Banten, pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan perolehan 3.192.671 suara atau 57,1 persen. Sementara Jokowi-JK kalah dengan perolehan 2.398.631 suara atau 42,9 persen. Total suara sah 5.591.302 suara.

Akan tetapi, majunya ulama asal Banten KH MA’ruf Amin jadi cawapres menampilkan perbedaan dalam Pilpres tahun depan."Untuk pertama kalinya, Jokowi sudah mengungguli Prabowo menurut survei kami, meski angka yang belum memutuskan memilih, merahasiakan pilihan, dan belum menjawab mencapai 29,07 persen," papar Asep di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Dalam survei MSI ditanyakan kepada 800 responden di Banten, kalau Pilpres digelar hari ini, siapa pasangan yang dipilih. Atas pertanyaan itu, diperoleh hasil, Jokowi-Ma’ruf mendapat suara 35,2%, dan Prabowo-Sandi 33,4%.Di antara pilihan itu menyebutkan memilih AHY 0,1%, SBY 0,1%, masih rahasia 8%, dan belum tahu/tidak menjawab masih besar, yakni 22,3%.

Asep memperkirakan pertarungan kedua pasangan calon masih sangat ketat di 'Tanah Jawara' itu. Keduanya masih terbuka peluang menguasai Banten. Pasalnya, waktu masih cukup lamadan kerja politik tim kampanye terus berjalan dalam empat bulan ke depan.

Sementara itu, Pengamat politik dari kantor Lembaga Survei Politik Indonesia Budiyana tak heran kalau Jokowi berhasil menyalip Prabowo di Banten. Itu karena gerakan kampanye seluruh relawan Jokowi-Ma’ruf terlihat masif. “Saat yang sama ada tumbuh kesadaran di masyarakat Banten untuk menyukseskan orang Banten jadi pimpinan nasional. Kiai Ma’ruf adalah ulama asal Banten,” ujar dia.