JAKARTA -Satu kemenangan terakhir akhirnya direngkuh tim putra Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai pelengkap gelar juara tak terkalahkan selama LIMA Badminton: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference (CJYC) – Surakarta Subconference 2018. Di pertandingan terakhirnya, Kamis (27/4/2018)  tim ini sukses  mengandaskan perlawanan Universitas Tunas Pembangunan (UTP), 5-0.

Tunggal pertama Unnes, Revindra Raynaldi, dengan skor telak mengalahkan lawannya dari UTP, Jepri Pitrawirana. Selisih skor yang jauh antara keduanya mengakhiri partai pertama, 21-6 dan 21-5 untuk tunggal Unnes.

Ade Ryan Pangestu/Adhitya Setya Permana menambah poin untuk timnya menjadi 2-0 setelah   meringkus Panji Tetuko/Prakoso Adi (UTP) dengan skor 21-10 dan 21-14.

Di partai ketiga, UTP sedikit memberi perlawanan. Tripel UTP, Destyan Fredi/Samudra Buana/Jepri Pitrawiran mampu membuat repot tripel Unnes, Akmal Farabi/Dimas Pratma/Alif Estu, hingga memaksa kedua tim bermain dalam rubber game. Namun, Unnes masih terlalu tangguh untuk UTP. Pada partai ketiga tersebut, Unnes akhirnya memenangi laga dengan skor akhir 21-17 18-21 dan 11-5. Keunggulan masih digenggam Unnes, 3-0.

Partai keempat masih didominasi Unnes. Tunggal kedua Unnes, Muhammad Daffa Nugraha, menekuk Nanda Damasuta dengan selisih skor jauh, yakni 21-6 dan 21-9. Unnes konsisten tangguh hingga akhir partai. Kerja sama Dicky Arviansyah/Syaherdillah Wijianto menjadi penutup kemenangan Unnes atas UTP. Duo Unnes ini menghentikan perjuangan ganda kedua UTP, Ahmad Farkhan/Samudra Buana denngan skor 21-16 dan 21-14.

Satu lagi tim asal Semarang yang melaju ke fase nasional. Setelah satu kuota beregu putri diraih tim asal Kota Lumpia di LIMA Badminton Nationals, yaitu Universitas Semarang, kini, Unnes juga turut melenggang ke fase selanjutnya. “Dari awal kami yakin juara, tapi kami tetap profesional main dengan maksimal. Kami menganggap semua lawan itu sama kuatnya. Di pertandingan terakhir tadi kami mengirimkan line-up baru,” kata Rifky, manajer tim Unnes

Tim putra Unnes berhasil menggeser jawara musim lalu, USM. Selanjutnya, LIMA Badminton Nationals akan menjadi pergelaran yang ditunggu-tunggu oleh tim ini.  “Target utama kita dari dulu menggeser USM di posisi juara. Kami selalu kalah dari USM, sehingga kami tak mau mengulangnya kembali. Alhamdulillah hari ini kami bisa tampil maksimal,” tambah Rifky.