BREAKINGNEWS.CO.ID - Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf AMin unggul dari pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi di Jawa Barat via Indopolling Network. Menanggapi hal itu, Ma'ruf Amin menyebut hal itu karena timnya berkomunikasi dengan santun. "Ada kemaslahatan dan kemanfaatan yang dirasakan. Ya kemudian berkat dukungan para ulama. Kemudian, berkat komunikasi kita," kata Ma'ruf di kediamannya Jalan Situbondo nomor 12, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018)

"Kita kan komunikasinya dengan cara yang santun, dengan cara menyapa, dengan cara mengajak, tidak dengan cara-cara yang kasar, memaki. Jadi mungkin mereka (warga Jawa Barat) simpati kepada kita," kata mantan Rais Aam PBNU itu.

Ma'ruf juga menyadari Jawa Barat adalah daerah penting dalan Pilpres 2019. Sebab, Jawa Barat memiliki 32.636.846 pemilih. Status Jawa Barat sebagai kantong suara PKS juga jadi hal yang menarik baginya. Namun Ma'ruf yakin hasil survei itu bisa ia pertahankan hingga hari pemilihan.

Sebelumnya, dalam survei yang dilakukan Indopolling Network, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 28,8 persen dan elektabilitas Prabowo-Sandiaga sebesar 23,7 persen. Sebanyak 29,8 persen responden masih merahasiakan jawaban, sedangkan 17,8 persen lainnya mengaku belum menentukan pilihan. Hasill itu berdasarkan survei dengan menggunakan metode tatap muka yang dilakukan terhadap 1.200 responden di Jabar selama 9-15 Oktober 2018 dengan sampling error kurang lebih 2,8 persen.

Sementara itu, Alvara Research Center merilis Pulau Jawa masih menjadi panggung Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan persentase 58,1 persen, berbanding 29,2 persen untuk paslon Prabowo-Sandi. Namun tidak bagi wilayah Sumatra. Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengungguli Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Sumatra. Prabowo-Sandiaga unggul 44,6 persen dan Jokowi-Ma'ruf meraup suara 40 persen.

Besarnya suara Prabowo di Sumatra, kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali, bisa dilihat dari nilai historis pemilihan presiden 2014. Saat itu, ia menyebut, Prabowo-Hatta kuat di daerah Sumatra dengan sentimen Islam yang sangat kuat. "Prabowo unggul misal di Sumbar, Aceh dan Riau," kata Ali dalam rilis survei Pilpres 2019: Dinamika Pergeseran Suara Pemilih, di Jakarta, Selasa (6/11).