BREAKINGNEWS.CO.ID –  Tim basket Universitas Cendrawaasih  (Uncen) Papua memetik kemenangan besar saat mengalahkan  Universitas Tarumanagara dengan skor 70-39 pada  hari kelima perhelatan LIMA Basketball: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference (GJC) Season 7, Minggu (28/7/2019). Ini menjadi kemenangan kedua dari empat kaga yang telah dilakoni wakil paling timur Indonesia tersebut dalam seri kompetisi yang berlangsung  di Sports Center Universitas Pelita Harapan (UPH), Karawaci Tangerang  itu.

Uncen membuka kuarter pertama dengan memasukkan dua poin. Student-athlete Yanuarius Kainakaimu, mencetak tiga angka untuk menutup kuarter ini dengan kedudukan 25-11.

Dominasi Uncen kian terlihat pada kuarter  dua. Itu terlihat dari perolehan skor yang kian timpang dan Untar dibiarkan tercecer jauh saat kuarter ini berakhir  dengan skor  38-17.

Dalam laganya, tim calon pengisi PON 2020 ini memperlihatkan kekuatannya setelah kalah dari Universitas Esa Unggul (UEU) dan Perbanas Institute.

Uncen masih mempertahankan keunggulan hingga kuarter ketiga dengan raihan skor 54-29 atas Untar. Jerry Tanaty juga turut menciptakan banyak angka untuk tim kampusnya. Jerry menggenapkan 16 poin untuk mengangkat kemenangan Uncen. Laga Pul B ini berakhir dengan keunggulan Uncen 70-39 atas Untar.

Melihat Uncen bangkit dari kekalahan sebelumnya, pelatih Uncen, Yoppi France Giay, mengatakan, “Anak-anak bermain dengan baik. Mungkin akurasi tim lawan kurang begitu baik. Kami terbiasa main di cuaca panas seperti ini. Mungkin, tim lawan tidak terbiasa, jadinya fisik mereka mulai menurun dan permainan mereka pun terganggu. Kami belajar dari kekalahan kemarin untuk bisa menang sekarang. Akan tetapi, kemungkinan untuk semifinal masih sangat kecil. Kami hanya bisa menunggu hasil Budi Luhur melawan Perbanas. Bagaimana pun, kami sudah main dengan baik dan saya senang."

Untar masih memiliki satu jadwal lagi untuk kembali berlaga. Mereka akan bersua dengan Universitas Budi Luhur (UBL) pada Senin (29/7). Sementara ini, Uncen menduduki peringkat ketiga di Pul B.

Duel Sengit Perbanas UBL

Pada pertandingan lain, tim putra UBL harus bekerja keras sebelum meraih kemenangan tipis atas Perbanas yang memberi perlawanan ketat sepanjang laga.

Kedua kubu  saling kejar skor sejak awal kuarter pertama. Jarak poin selalu berselisih tipis.   Namun berkat pengalaman dan ketenangan yang dimiliki, UBL berhasil menyudahi permainan dengan raihan kemenangan saat menutup kuarter keempat dalam kedudukan 47-43.

Kedua tim ini sempat berimbang saat pertengahan kuarter kedua dengan sama-sama meraih 17 poin, sebelum akhirnya ditutup oleh Perbanas dengan skor 19-18.

Memasuki  menit lima kuarter tiga, skor imbang 21-21  kembali terjadi, sebelum akhirnya sebuah lemparan   Muhammad Ilham pada detik terakhir kembali membuat Perbanas tetap mengendalikan perolehan skor dalam kedudukan   23-22.

Kondisi serupa berlanjut di kuarter akhir, perburuan poin dengan saling kejar angka menjadi sajian utama. Namun dengan permainan yang lebih kompak dan matang ditunjang  permainan apik  Muhammad Awal Zaelani, membuat  UBL mampu menambah 14 poin pada kuarter ini, sekaligus mengantarkan kemenangan bagi timnya.

Kedua tim ini akan kembali berlaga pada Senin (29/7). Perbanas akan melawan Universitas Esa Unggul (UEU), sedangkan UBL akan menjajal Universitas Tarumanagara (Untar) untuk menentukan tim yang berhak menemani UEU melaju ke semifinal.