BREAKINGNEWS.CO.ID -  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengukir kemenangan penting dalam lanjutan persaingan Pul D LIMA Futsal: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference (GJC) 2018. Di laga terakhir hari ketiga turnamen di GOR Basket Patriot, Bekasi, Jumat (30/11), UIN Jakarta mengakhiri perlawanan Univ. Indonesia (UI) dengan skor 3-1.

Dengan persaingan ketat di Pul D yang berisi lima tim, kemenangan menjadi bekal penting untuk memuncaki klasemen akhir. Hanya juara grup yang melangkah ke empat besar.

UIN Jakarta tampil lebih tajam di babak pertama. Pasukan yang ditangani Syaifullah Nur ini dua kali mengambil kesempatan dalam dua menit hingga menit kedelapan.

Rizki Dwi Nugroho (88) membuka skor di menit ketujuh dengan menuntaskan operan Arie Rakasiwi (21) dari sayap kiri. Semenit berselang, giliran Arie (21) yang menggetarkan jala gawang UI. Kedudukan 2-0 ini bertahan sampai babak pertama berakhir.

UI asuhan Teguh Limas Sarendra menekan sejak sepak mula babak kedua. Tim yang turun dengan kostum kuning ini berhasil mempersempit ketertinggalan saat paruh kedua duel di GOR Basket Patriot, Bekasi, ini memasuki menit ketiga. Muhammad Ramly Novriansyah (7) menyambar masuk sepak pojok kapten Danny Taufik Bahar (23).

UI semakin bernafsu menyamakan kedudukan, tapi mesti membayar mahal kelengahan mereka. Di menit ke-38, kiper UIN Jakarta, Rizal Asy'ari (2), mencetak gol ketiga timnya. Tembakan sang kiper dari lingkaran pertahanan timnya melambung dan masuk tanpa bisa dicegah kiper UI yang maju keluar dari lingkarannya.

Kemenangan ini, ketiga dari tiga laga, membuat UIN Jakarta mantap di puncak klasemen Pul D. Tinggal mereka dan Univ. Gunadarma yang belum terkalahkan di grup itu. Gunadarma akan menghadapi UI pada Sabtu (1/12) sebelum melakoni partai terakhir Pul D melawan UIN Jakarta sehari kemudian.

Dari sektor putri, putri Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memperbesar kans menjadi juara setelah mendulang kemenangan kedua dari dua laga mereka  dengan menjebol gawang UI  (Universitas Indonesia) dengan setengah lusin gol tanpa balas.

UI besutan Fajri Indrawansyah memberikan perlawanan berarti di babak pertama. Setelah gol pembuka yang dicetak pemain UNJ, Anggie Dewi Fortuna (6) di menit keempat, tak ada gol lagi sampai rehat antarbabak.

UNJ yang ditangani Nur Fitranto bisa menggandakan keunggulan saat paruh kedua laga di GOR Basket Patriot, Bekasi, memasuki menit kedua melalui Nurul Hidayati (17). UI kembali bisa mempersulit niat UNJ mencetak gol.

UNJ akhirnya bisa menaikkan produktivitas setelah melewati pertengahan babak kedua. Memanfaatkan momentum, tim yang tampil dengan kostum hijau ini bisa melesakkan empat gol lagi, masing-masing oleh Nadya Karina Andini (11) di menit ke-32, Nilam Gita Cahyadiani (9) 35', Sulastri Sinaga (8) 37', dan Kelsy Marcelina (4) 39'.

Angka penuh kedua dan tambahan surplus enam gol ini memantapkan posisi UNJ di puncak klasemen Pul X.

Di partai selanjutnya, UNJ menjajal Univ. Budi Luhur (UBL) pada Minggu (2/12). UI akan menghadapi Univ. Pelita Harapan (UPH) sehari kemudian.