BREAKINGNEWS.CO.ID - Universitas Brawijaya (UB) Malang berhasil mengamankan angka penuh di Pul B setelah mengalahkan STKIP PGRI Bangkalan di pertandingan kedua LIMA Volleyball: McDonald’s East Java Conference Season 7. Skor akhir 3-1  (25-20,18-25, 25-15, 25-23) untuk UB mengisi akhir laga yang digelar di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) pada Senin (16/9/2019) tersebut.

Pada set pertama, UB unggul dengan skor 25-20. Dari 25 poin tersebut, 16 poin diciptakan oleh para pemainnya. Dua pemain UB, Titan Maula Dwi Putra dan Mohammad Fa’iq Al Abror, sama-sama menciptakan lima poin untuk kampusnya tersebut. Titan menghasilkan gol lewat empat spike dan satu service ace yang dilakukannya, sedangkan Fa’iq mendapat poin lewat spike dan block point. Di sisi lain, pemain yang menghasilkan poin terbanyak untuk STKIP PGRI Bangkalan adalah Komar Uzzaman. Dari 20 poin kampusnya, ia menyumbang sembilan poin lewat spike, fake spike, dan block point.

STKIP PGRI Bangkalan menyamakan kedudukan di set kedua. Dari 25 poin yang didapat, Komar kembali mencetak angka terbanyak dengan enam poin melalui spikenya. Selain itu, ia juga melakukan satu kali assist dan tiga kali block. Set kedua ini berakhir dengan keunggulan STKIP PGRI Bangkalan dengan skor 25-18.

UB kembali merebut keunggulan di set ketiga. Poin murni yang dihasilkan sebanyak 19 poin. Enam poin berasal dari Fa’iq lewat spike. Sementara itu, assist paling banyak yang dihasilkan pemain UB tercipta dari Kemas Muhammad Febriansyah dengan 15 kali assist. Skor 25-15 untuk UB mengakhiri set ketiga ini.

Persaingan di set keempat semakin ketat. Kedua tim bergantian mencetak poin hingga akhir set. Kemenangan berada di tangan UB dengan selisih skor tipis 25-23.

“Berkat semangat, kerja sama dan kekompakan tim, kami bisa memenangi pertandingan pertama ini. Kami sempat tertinggal di set kedua karena mereka terlalu percaya diri. Sikap tersebut menjadi evaluasi untuk mereka agar bisa lebih baik lagi. Kami bisa bangkit lagi di set selanjutnya berkat ketenangan anak-anak. Untuk pertandingan selanjutnya kami berharap mereka bisa tetap semangat dan kompak,” kata Johanes, pelatih UB.

Pelatih STKIP PGRI Bangkalan, Ahmad Faishal mengaku tetap senang dengan hasil ini, “Saya apresiasi permainan anak-anak. Dengan tim yang baru dibentuk dua minggu lalu, mereka bisa mengimbangi permainan lawan. Kami akan mengasah lagi kemampuan mereka dan mengevaluasi pertandingan hari ini untuk persiapan laga selanjunya.”

Dengan hasil ini, UB berada di puncak klasemen Pul B, sedangkan STKP PGRI Bangkalan di posisi kedua. Peringkat tersebut masih akan berubah sesuai dengan hasil pertandingan antara Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Islam Malang (Unisma).

UB masih akan melakoni laga keduanya untuk melawan Unisma pada Selasa (17/9). Di hari yang sama, STKIP PGRI Bangkalan akan bertemu dengan UM.