BREAKINGNEWS.CO.ID - Para wakil Indonesia khususnya pada sektor tunggal dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, mampu mendapatkan capaian yang lebih tinggi daripada tahun lalu.

Dari sembilan wakil Indonesia yang melaju ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, setidaknya ada tiga yang berasal dari sektor tunggal yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Greogria Mariska Tunjung.

Keberhasilan wakil-wakil Indonesia di nomor tunggal pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis kali ini lebih baik ketimbang tahun lalu.

Pada 2018 tidak ada satu pun pemain tunggal putra maupun tunggal putri yang berhasil melewati babak kedua. Jojo, sapaan akrab Jonathan Christie langsung kalah di babak pertama dari Darren Liew. Sementara Ginting dan Tommy Sugiarto tak bisa melewati adangan Kanta Tsuneyama dan Hans Kristian Vittinghuis.

Di sektor tunggal putri tahun lalu, Gregoria dan Fitriani hanya mampu menembus babak kedua dan takluk dari Chen Yufei serta Pusarla Sindhu. 

Pada tahun ini hanya dua pemain tunggal yang tidak berhasil melanjutkan kiprahnya yakni Tommy dan Fitriani yang kalah di babak kedua.

Tiga tunggal Indonesia yang melaju ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 akan berhadapan dengan lawan-lawan yang kuat.

Ginting yang pada dua babak sebelumnya selalu berhadapan dengan pebulutangkis-pebulutangkis non-unggulan akan bertemu dengan Sai Praneeth asal India yang menjadi unggulan ke-16. Sedangkan Jonatan akan bertemu mantan pebulutangkis top Jan O Jorgensen. Gregoria akan berhadapan dengan Ratchanok Intanon.

Pemain Tunggal Indonesia yang terakhir kali meraih gelar juara dunia adalah Taufik Hidayat pada 2005. Setelah itu capaian terbaik wakil Merah Putih dibukukan Lindaweni Fanetri yang meraih perunggu pada 2015.