BREAKINGNEWS.CO.ID - Terkait dengan kesuksesan Presiden Joko Widodo dalam pemilihan umum 2019, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, dikabarkan mengirimkan surat kepada Jokowi, yang berisi ucapan selamat.

Dalam surat Trump yang diterima Kedutaan besar RI di Washington, Presiden AS ke-45 itu memuji Indonesia yang ia anggap patut dijadikan contoh negara demokrasi. "Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan pemilu yang berlangsung bebas, adil, dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan" bunyi surat Trump kepada Jokowi, seperti dikutip KBRI di Washington, Rabu (22/5/2019).

Dalam suratnya, Trump juga menyoroti perkembangan demokrasi di Indonesia dalam waktu 20 tahun terakhir, terutama soal partisipasi pemilu tahun ini yang mencapai 80 persen. "Saya mengetahui bahwa tingkat partisipasi pemilih tahun ini yang mencapai 80 persen merupakan yang paling tinggi. Indonesia patut menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lainnya di dunia" ujar Trump.

Terkait dengan relasi bilateral, Trump juga menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat kemitraan strategis antara Indonesia-AS. Menurut Trump, AS dan Indonesia merupakan dua negara demokratis terdepan di dunia yang memiliki "kesamaan" dalam memandang isu di kawasan. 

"Saya berkomitmen meningkatkan hubungan kerja sama kita (AS-Indonesia) untuk meraih potensi yang sangat besar dalam hubungan dua negara demokrasi ini." Tidak hanya Trump, Presiden Rusia, Vladimir Putin, juga menyurati Jokowi dan memberikan selamat karena terpilih lagi sebagai Presiden Indonesia untuk periode kedua.

"Kemarin, Presiden Rusia Vladimir Putin mengirimkan ucapan selamatnya kepada Presiden Jokowi," ucap Atase Pers Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Denis. Denis menuturkan Kremlin mengirimkan surat ucapan itu melalui Kedubes Rusia di Jakarta.

"Itu dikirimkan melalui kedubes. Lalu, kami mengirimkan nota resmi ke Kementerian Luar Negeri RI," katanya. Tidak hanya ucapan selamat, Putin juga berharap bisa memperkuat relasi antara Indonesia-Rusia di periode kedua Jokowi.