BREAKINGNEWS.CO.ID - Peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) yang digelar Rabu (5/12/2018) siang di Hotel 21 Purwodadi, Grobogan, seperti mendapatkan kejutan saat bersama-sama mengumandangkan 'Mars PGSI'. Inilah sosialisasi langsung pertama 'Mars PGSI' di kalangan pelaku dan pemangku kepentingan (stakeholders) gulat nasional.

Para peserta Rakernas yang mewakili 26 Pengprov PGSI, serta jajaran pengurus teras PP PGSI 2018-2023 yang langsung dipimpin ketua umumnya, Trimedya Panjaitan, dengan khidmat mengikuti lantunan suara penuh semangat dari Style Voice. Trio penyanyi pria yang terdiri dari Charlie Willy Hutasoit, Edward Panjaitan, Jovan Vilemon Marbun itu berdiri di depan podium dan demikian kompak menyanyikan "Mars PGSI" yang menggelora namun tetap terasa syahdu.

"MARS PGSI"
Tempo: 6/March

Persatuan Gulat Seluruh Indonesia
Mari Bergandengan Tangan
Satukan Tujuan dan Harapan Kita Semua
Memajukan dan Mengenalkan Gulat

Persatuan Gulat Seluruh Indonesia
Tiada Kata Menyerah
Berpandang Jauh Menuju Pentas Dunia
Menuju Prestasi Internasional

Memilih yang Terbaik, Merekrut yang Teruji
Para Atlit untuk Raih Prestasi
Datang untuk Berlatih, Lihat untuk Referensi
Menanglah untuk Meraih Prestasi"

Tiga bait "Mars PGSI" itu dinyanyikan dua kali dalam tempo bergelora, menimbulkan hentakan semangat di dada. Lirik-liriknya mengundang pujian, termasuk dari Kol.Kes.Irfan Bachtiar, Wakabid Pendidikan dan Penataran KONI Pusat, yang mewakili Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman di acara pembukaan Rakernas PGSI ini.

"Liriknya bagus, saya suka," katanya, seraya membacakan bait ketiga dari "Mars PGSI" itu.Memilih yang Terbaik, Merekrut yang Teruji, itu dalam sekali maknanya," demikian antara lain disampaikan wakil dari KONI Pusat itu.

Disamping lirik-liriknya yang indah dan dalam, tak bisa dipungkiri kslau "Mars PGSI" menjadi semakin enak didengar karena dukungan aransemen musiknya. Menurut keterangan Charlie Willy Hutasoit, leader Style Voice, aransemen musik "Mars PGSI" digarap oleh Firman Raphael Sitorus.
Style Voice sendiri sudah terbentuk sejak tujuh tahun silam, tepatnya tahun 2011.

Trio anak muda Batak ini semakin populer setelah kerap "dibawa" oleh Trimedya Panjaitan untuk memeriahkan aktivitasnya, termasuk ke luar negeri. Style Voice sering manggung bareng dengan grup legendaris lainnya, Amigos. Adalah Trimedya juga yang diakui Charlie Willie Hutasoit punya peran besar dalam proses kelahiran "Mars PGSI".

"Awal mulanya lagu Mars PGSI ini karena adanya keinginan Pak Trimedya dan Bang Gusti Randa. Waktu itu kami sedang menghibur para pegulat nasional di restoran Pulau Dua, Senayan, menjelang penampilan mereka di Asian Games," cerita Charlie Willie Hutasoit.

"Lalu iseng-iseng sambil santap malam Pak Trimedya meminta kita, khususnya kepada saya sendiri, untuk mencoba membuat Lagu Mars PGSI. Waktu itu langsung saya tanggapi, saya bilang siap," papar Charlie.

"Memang pada dasarnya saya suka menulis lagu. Ada beberapa lagu karya saya yang kita nyanyikan dan sudah masuk dapur rekaman," cerita Charlie.

Mereka dipercaya untuk membuat soundtrack lagu dari film Toba Dream yang dibintangi oleh aktor Vino G Bastian. Singkat cerita, "Mars PGSI" dirampungkan selama dua pekan, termasuk musik dan vokalnya.

"Mars PGSI" baru pertama kali Style Voice perdengarkan saat pembukaan Rakernas, setelah "Indonesia Raya". Dan kedua kalinya saat jamuan "welcome dinner" peserta Rakernas dan Kejurnas Gulat U-23 oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni, SH, MM, pada Rabu malam di Pendopo Kabupaten Grobogan, Purwodadi, Jateng.

"Persatuan Gulat Seluruh Indonesia
Mari Bergandengan Tangan
Satukan Tujuan dan Harapan Kita Semua
Memajukan dan Mengenalkan Gulat"