BREAKINGNEWS.CO.ID - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia memang menjadi salah satu wadah untuk membantu banyak brand tanah air untuk menunjukan produknya ke pasar global. Ada sekitar 16 subsektor yang dibantu badan yang diketuai oleh Triawan Munaf tersebut.

Hingga semester 1 di tahun 2018 ini Bekraf sudah mengikutkan puluhan brand lokal di acara bertaraf internasional. Salah satunya yang baru-baru ini dilakukan dan masih berlangsung yaitu Rising Fashion 2018 di Singapura. Dan di bulan Juni lalu Agenda Show 2018 di California, Amerika Serikat.

Saat ditemui untuk memperkenalkan 8 produk handmade asli Indonesia baru-baru ini, Triawan Munaf mengatakan ada sekitar 16 subsektor yang dibantu Bekraf untuk ditampilkan di pasar dunia. Namun, dengan adanya keterbatasan dana untuk saat ini Bekraf hanya berfokus pada 6 subsektor yang terbagi menjadi unggulan dan prioritas.

Saat ditemui untuk memperkenalkan 8 produk handmade asli Indonesia baru-baru ini, Triawan Munaf mengatakan ada sekitar 16 subsektor yang dibantu Bekraf untuk ditampilkan di pasar dunia. Namun, dengan adanya keterbatasan dana untuk saat ini Bekraf hanya berfokus pada 6 subsektor yang terbagi menjadi unggulan dan prioritas.

Untuk unggulan Triawan Munaf menjelaskan ada untuk subsektor fashion, kuliner dan craft. Sedangkan untuk subsektor prioritas, Bekraf akan berfokus pada musik, games dan aplikasi. Saat ditanya tim breakingnews, apakah untuk tahun ini akan berfokus pada fashion, ayah dari musisi Sherina Munaf ini mengatakan tahun 2018 memang ada cukup banyak agenda yang akan diikuti Bekraf. Memang tidak menjelaskan secara rinci acara apa saja yang akan diikuti, tetapi Triawan menekankan tidak hanya dari sektor fashion saja.

Untuk saat ini Bekraf memang sedang berfokus untuk mengikutkan 8 produk handmade asli Indonesia ke acara New York Now 2018 dari subsektor kriya. Acara ini akan diadakan di Jacob Javits Center, New York selama 4 hari yang dimulai dari tanggal 12 hingga 15 Agustus 2018 mendatang. Pada Rabu (1/8/2018) lalu, kedelapan brand yang akan mengikuti New York Now 2018 secara resmi diperkenalkan oleh Bekraf dihadapan awak media dan tamu undangan.

Kedelapan brand tersebut antara lain Sackai Bags, Siji, Kana Goods, Noesa, Kayou, Pala Nusantara, Jenggala dan Indo Risakti. Brand ini telah melewati kurasi sejak Maret 2018 lalu dan bersaing dengan puluhan bahkan ratusan brand lokal lainnya.

Untuk bisa tampil maksimal di New York Now 2018, Bekraf bekerjasama dengan banyak pihak terutama KJRI New York, Bank Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia. Tak hanya itu, Bekraf juga menggandeng konsultan/kurator internasional Jennifer Isaacson dari Bayhand Consulting yang berbasis di Amerika Serikat.

Tidak ketinggalan para kreator asal Indonesia juga dilibatkan dalam proses seleksi, antara lain Diana Nazir dari Himpunan Desainer Interior Indonesia, Yanna Diah Kusumawati dari Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia dan Christianto Prabawa dari Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia.