BREAKINGNEWS.CO.ID - PT Transportasi Jakarta membuka tiga rute pelayanan untuk Jak Lingko ditiga lokasi berbarengan dan dipastikan terintegrasi dengan bus Transjakarta. Ketiga rute itu diantaranya Rawa Sengon Rawa Mangun (JAK59), Pulo Gadung-Cempaka Putih (JAK 61) dan Lebak Bulus Ragunan (JAK45).

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas Transjakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan rute Rawa Sengon - Rawa Mangun disediakan 72 unit bus kecil, rute Pulo Gadung - Cempaka Putih tersedia 24 unit bus kecil dan 24 unit bus kecil juga untuk rute Lebak Bulus - Ragunan.

“Pembukaan rute ini menambah layanan Jak Lingko menjadi 34," kata Nadia melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Pengguna layanan Jak Lingko juga terhubung dengan layanan Transjakarta bukan saja yang ada di koridor melainkan yang non koridor pula sebagai wujud dari integrasi antarmoda transportasi di Jakarta.

Sementara itu, Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono menuturkan JakLingko sebagai program unggulan Pemprov DKI terus mengalami percepatan dengan pembukaan rute-rute baru. "Integrasi antarmoda makin menguat dengan program Jak Lingko yang memudahkan warga untuk naik angkutan umum," terangnya.

Program integrasi transportasi antarmoda Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jak Lingko, telah memiliki sejumlah layanan, yakni Tanjung Priok-Plumpang, Tanah Abang-Kota, Tanah Abang-Kebayoran Lama, Tanah Abang-Pos Pengumben-Kebayoran Lama, Tanah Abang-Meruya, Tanah Abang-Tawakal, Tanjung Priok-Bulak Turi, PGC-Condet, Pulogadung-Senen, Pulogadung-Terminal Senen via Kelapa Gading, Stasiun Duren Kalibata-Kuningan, Pinang Ranti-Setu, Kampung Melayu-Duren Sawit, Lubang Buaya-Cawang UKI, PGC-Dwikora, Penas Kalimalang-Dwikora, Kalisari-Pasar Rebo, Duren Sawit-Rawamangun, Rorotan-Pulogebang, Pasar Rebo-Wiladatika, Tanjung Priok-Rusun Sukapura, Lebak Bulus-Pondok Labu, Citraland-Meruya, Pondok Labu-Blok M, Petukangan-Lebak Bulus, Pulogadung-Kota, Grogol-Tubagus Angke, Semper-Rorotan, Taman Kota-Budi Luhur dan Kampung Rambutan-Pondok Gede.

Hingga Januari 2019, penjualan kartu Jak Lingko telah mencapai 178.003. Naik dibandingkan di akhir Desember 2018 yang tercatat 145.790 kartu.