BREAKINGNEWS.CO.ID – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, berhasil mengamankan satu tempat di babak perempat final Indonesia Open 2018. Kepastian itu berhasil ia raih usai mengandaskan perlawanan wakil Taiwan, Chou Tien Chen lewat pertandingan rubber set 21-13, 14-21 dan 21-18 pada Kamis (5/7/2018) di Istora Senayan, Jakarta.

Dengan hasil ini, Tommy pun menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia yang lolos ke babak perempat final Indonesian Open 2018. Sebelumnya, tunggal putra Indonesian lainnya yakni Anthony Sinisuka Ginting harus takluk di babak kedua oleh wakil Jepang, Kento Momota.

Pada set pertama, Tommy yang tampil di depan ribuan pendukungnya sendiri berhasil mengawali laga dengan sangat baik. Bahkan ia berhasil unggul 15-6 atas Chou Tien Chen. Unggul jauh, Tommy pun berhasil menutup set pertama dengan keunggulan 21-11.

Pada set kedua, Chou yang tertinggal perlahan tapi pasti berhasil bangkit untuk meraih kemenangan di set ini. Di awal laga, pebulu tangkis wakil Taiwan itu pun berhasil unggul 0-4 atas Tommy.

Berada dalam posisi unggul, Chou pun kembali mendapatkan kepercayaan dirinya. Hasilnya ia pun berhasil membuat Tommy tertekan pada set kedua ini. Dengan begitu, Chou pun berhasil mengamankan set kedua dengan skor yang cukup jauh 12-20.

Laga pun akhirnya berlanjut ke rubber set, tak ingin dipecundangi di kandangnya sendiri, Tommy mencoba untuk memberikan serangan kepada pebulu tangkis asal Taiwan tersebut. Permainan cepat yang diperagakan Tommy berhasil membuatnya unggul 11-6 saat jeda interval set ketiga.

Usai jeda interval set ketiga, laga sempat diberhentikan dengan waktu yang cukup lama. Kala itu, Tommy kelihatan bermasalah dengan kakinya. Namun usai jeda yang panjang tersebut, Tommy dan Chou kembali dapat melanjutkan pertandingan.

Meski mengalami masalah pada kakinya, Tommy pun tidak terlihat menurun. Ia bahkan berhasil mendulang poin demi poin. Hasilnya, Tommy pun berhasil meraih kemenangan di set ketiga ini dengan skor 21-18.

Komentar Tommy Setelah Lolos ke Babak Perempat Final

”Set awal kondisi saya lebih enak karena lapangan menguntungkan saya untuk mengontrol bola. Memang di lapangan di set kedua susah untuk mengontrol angin. Chou tien chen bisa mengumpulkan poin banyak. Tapi saya bisa lebih sabar pada set ketiga sampai saya bisa memenangi pertandingan. Walaupun saya hampir terpeleset,” ungkap Tommy.

Sementara itu mengenai kondisi kakinya yang mengalami masalah, Tommy pun memberikan komentarnya: “Saya sih berharap secepat mungkin untuk recovery. Tapi selagi saya berproses untuk pulih, saya ingin fokus menampilkan performa terbaik. Apalagi besok saya akan bertemu dengan kento,” jelasnya.

“Selanjutnya saya akan berusaha recovery. Saya fokus itu saja. Mikirin recovery kaki saya,  baru setelah itu lanjut besok. Selagi saya masih berdiri, saya masih bisa melanjutkan turnamen ini,” pungkasnya.