BREAKINGNEWS.CO.ID - Ombudsman RI memberikan penghargaan kepada Bripka Sigit Prabowo anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (PMJ). Berkat kesigapan dan naluri kemanusiannya, Bripka Sigit berhasil menyelamatkan nyawa seorang penumpang busway yang terserang penyakit jantung dengan cara menggendong penumpang tersebut dan melarikannya RS Jantung Harapan Kita Jakarta, Jumat (14/02/2020) pagi lalu.

Penghargaan diberikan langsung Ketua Ombudsman Amzulian Rifai dalam Upacara Apel Kesiapan Rutin di Halaman Gedung Ombudsman RI Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan penghargaan Ombudsman RI itu, karena Bripka Sigit Praboowo dianggap sebagai pelayan publik teladan, karena aksi heroiknya menolong penumpang bus Transjakarta yang kena serangan jantung. "Berkat kesigapan Bripka Sigit Prabowo, pasien dapat cepat ditangani Tim Medis dan tertolong jiwanya," kata Yusri kepada wartawan, Senin (17/2/2020).

Menurut Yusri, pemberian penghargaan ini diberikan terkait dengan tugas dan fungsi Ombudsman sebagai lembaga yang berfungsi mengawasi penyelenggaraan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan Pemerintah baik Pusat maupun daerah termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara serta badan Swasta atau perseorangan yang menyelenggarakan pelayanan publik. 
 
Acara pemberian penghargaan tersebut dihadiri Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Kapolres Jakarta Barat Kombes Yulius Audie Sonny Latuheru, serta Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Hari Admoko dan jajaran kepolisian.

Yusri mengungkapkan, apresiasi Ketua Ombudsman merupakan momen yang baik dimana kita bisa mengetahui tentang aksi heroik dalam menolong masyarakat yang terkena serangan jantung dimana aksinya bisa vial. "Apa yang dilakukan oleh Bripka Sigit merupakan cerminan bagi kita semua atas pelayanan terbaik dan tanpa pamrih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Yusri.

Apa yang dilakukan oleh Bripka Sigit merefleksikan banyak hal. "Mungkin ini adalah hal yang kecil yang dilakukan oleh jajaran kepolisian, saya yakin banyak hal hal besar yang dilakukan oleh jajaran kepolisian dalam melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang bisa menjadi cerminan bagi kita semua," ucapnya.

Yusri menyebut apa yang telah dilakukan oleh Bripka Sigit merupakan hal yang patut diapresiasi, bukan hanya orang yang sekedar cidera kakinya, tapi ini adalah orang terkena serangan jantung, yang jika  tidak cepat diberikan pertolongan mungkin nyawanya tidak akan tertolong.
 
"Jadi itu adalah hal yg luar biasa. Kita perlu mendengungkan nilai-nilai yang diwariskan para pendahulu kita yang memiliki Pancasila. Apa yang menjadi haknya masyarakat/publik harus diberikan pelayanan tersebut. Sepertinya hal kecil tapi itu yang  perlu dimiliki oleh publik," ungkapnya.

Dikatakan, upacara seperti ini mungkin kecil, tapi ini adalah simbol bahwa Ombudsman tidak sembarangan dalam memberikan penghargaan apresiasi pada siapapun. "Apa yang dilakukan oleh Bripka Sigit Prabowo akan menjadi aspirasi bagi siapaun ygang menjalankan tugas, apapun jabatan dan amanah yang ada padanya.