JAKARTA- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia, Adelina (21) setelah mengalami penyiksaan dari majikannya di Malaysia. Diketahui, Warga asal Medan, Sumatera Utara, ini tutup usia, Minggu (11/2), setelah sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Bukit Mertajam, Penang, Malaysia.

"Menyampaikan belasungkawa mendalam dan keprihatinan atas banyaknya TKI yang meninggal akibat penyiksaan saat bekerja," ujar Bambang di DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

Bambang pun meminta Komisi IX DPR RI mendesak Kementerian Ketenagakerjaan untuk mengingatkan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Pemerintah Daerah, dan Perusahaan Jasa (PJ) TKI dalam mengirimkan TKI yang telah memenuhi kriteria dan standar yang sesuai dengan Negara tujuan.

Bambang juga meminta Komisi IX DPR mendesak Pemerintah agar dapat bekerja sama dan menerima masukan yang diberikan oleh Migrant Care Indonesia dalam memberikan perlindungan terhadap TKI.

Selanjutnya Bambang meminta Komisi III supaya mendesak Kepolisian (Interpol), Migrant Care Indonesia, dan PJ TKI untuk memberikan perlindungan dan pendampingan hukum bagi TKI yang bermasalah dengan hukum setempat.