BREAKINGNEWS.CO.ID -  Konser Musik Crossborder Kefamenanu 2019 akan lebih energik. Karena, ada band ska papan atas Indonesia, Tipe-X. Konser Musik Crossborder Kefamenanu 2019 akan digelar 9-10 Agustus 2019. Lokasinya di Lapangan Oenamu, Kefamenanu, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur. Posisinya berada di depan Kantor Bupati TTU.

Event ini terbuka bagi umum. Publik Timor Leste (Tiles) juga bisa bergabung. Aksesnya melalui pintu PLBN Wini dan PLBN Mota’ain.

“Kami menyambut penyelenggaraan Konser Musik Crossborder Kefamenanu 2019. Event tersebut selalu digelar menarik. Apalagi, artis dan band yang ditampilkan luar biasa. Untuk tahun ini ada Tipe-X dan semua sudah tahu kapasitasnya. Mari bergoyang Ska bersama. Masyarakat Tiles silahkan berkunjung ke Kefamenanu,” ungkap Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes, Selasa (9/7/2019).

Tipe-X dikenal sebagai raja ska di Indonesia. Band ini sudah eksis sejak 1995. Fansnya tersebar pada tiap daerah. Tipe-X digawangi 6 personel. Ada Tresno Riadi (Vokal), Micky (Bass), Yoss (Gitar), Arie Hardjo (Drum), Billy (Gitar), dan Anto (Trombone).

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani menerangkan, event digelar lebih meriah. “Konser Musik Crossborder Kefamenanu 2019 adalah event besar. Konten penyusunnya juga luar biasa. Kehadiran Tipe-X di perbatasan tentu membuat suasana makin hangat. Musiknya energik dan dinamis. Kehadiran Tipe-X menjadi momentum untuk merajut kebersamaan di perbatasan. Kami mengundang warga Timor Leste untuk bergabung,” terang Ricky.

Tipe-X memiliki lagu hits. Sebut saja Genit, Angan, Salam Rindu, Sakit Hati, atau Mawar Hitam. Tipe-X sudah menghasilkan 7 album. Popularitasnya langsung melejit begitu album perdana Ska Phobia dirilis 1999. Album ini menampilkan 10 lagu dengan hits Genit dan Angan.

Album Ska Phobia diperkuat dengan 2 video klip untuk lagu Genit dan Angan. Hasilnya, album perdana ini menghasilkan award 2 Platinum. Sebab, album ini terjual 380 Ribu copy.  “Tipe-X akan menjadi daya tarik. Performanya tetap bagus. Kami optimistis, kehadiran Tipe-X di Kefamenanu akan menarik massa dalam jumlah besar. Tampil di perbatasan, pasti akan banyak hits yang akan ditampilkan,” kata Ricky.

Kisah sukses Tipe-X berlanjut di Album ke-2 yang rilia 2001. Album Mereka Tak Pernah Mengerti juga meledak di pasaran. Berisi 10 lagu, album ini dibuatkan 4 video klip. Ada lagu Salam Rindu, Sakit Hati, Selamat Jalan, dan Lagi Lagi Sendiri. Ditawarkan masif, album ke-2 ini menghasilkan Triple Platinum setelah terjual 500 Ribu keping copy.

Produktivitas Tipe-X berlanjut di album berikutnya. Pada album ke-3 Super Suprise di tahun 2003, mereka tetap mendapatkan respon positif dari X-Friends. Yaitu, kelompok penggemar Tipe-X. Dengan hits Karena Cemburu, Gombal, dan Pacar Yang Baik, Tipe-X pun masih menghasilkan Platinum.

Ricky menambahkan, wisatawan akan terinspirasi oleh aksi Tipe-X. “Tipe-X pasti akan menampilkan hits lama dan terbaru mereka. Aksi mereka tentu menjadi inspirasi. Kami berharap, kehadiran Tipe-X bisa memotivasi musisi-musisi muda diperbatasan agar lebih kreatif dan produktif menelorkan karya. Selain Tipe-X, kami juga menyiapkan beberapa nama lain,” jelas Ricky.

Selain Tipe-X, beberapa nama sedang disiapkan Kemenpar. Bila rencana mulus, Tipe-X akan ditemani penyanyi Timor Leste Maria Vitoria (Marvi). Alternatif nama lainnya adalah Andmesh Kamaleng atau Mario.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan, experience terbaik ditawarkan Kefamenanu. “Konser Musik Crossborder Kefamenanu 2019 menawarkan panggung besar. Pendukungnya paten dan selalu penuh kejutan. Pokoknya atur perjalanan menuju Kefamenanu mulai dari sekarang. Bagi warga Tiles mulai persiapkan administrasinya yang sesuai regulasi Keimigrasian Indonesia. Pokoknya jangan sampai terlewatkan,” tutup Arief yang juga Menpar Terbaik ASEAN.