BREAKINGNEWS.CO.ID - Pasca ditutupnya Bandara I Gusti Ngurah Rai akibat erupsi Gunung Agung, sejumlah penumpang pun terlantar. Ditutupnya bandara tersebut karena ruang udara bandara terdampak sebaran abu vulkanik gunung tertinggi di Pulau Bali tersebut. Terkait dengan penanganan penumpang, Gubernur Bali Made Mangku Pastika pun langsung terjun ke lokasi guna melakukan peninjauan. "Saya kira penanganan sudah bagus sudah sesuai SOP (standar prosedur operasional)," katanya, Jumat (29/6/2018).

Menurutnya, penanganan yang telah disusun dalam mitigasi bencana tersebut diantaranya menyiapkan angkutan bus gratis khususnya bagi penumpang yang ingin mengalihkan moda transportasinya. Selain itu, Gubernur Pastika mengatakan jika pihaknya juga telah menyediakan armada bus sebanyak 50 unit yang akan mengangkut para penumpang yang terlantar di bandara tersebut secara silih berganti. Ia juga mengatakan jika armada bus yang disediakan masih kurang, Pastika berjanji akan menambah kembali armada bus tersebut yang disiapkan oleh Pemprov Bali dan Pemkab Badung.

Pastika menjelaskan jika bus gratis tersebut disiapkan bagi calon penumpang yang ingin mengalihkan moda transportasinya menuju Surabaya, Jakarta serta Terminal Mengwi dan Pelabuhan Padangbai bagi yang ingin menyeberang ke Pulau Lombok yang bersebelahan dengan Provinsi Bali itu. "Bali dan Badung sudah menyiapkan anggaran tak terduga. Kami melaksanakan SOP yang sudah disusun dan belajar dari tahun lalu," katanya.

Namun, bagi wisatawan mancanegara, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Bali Hotel Association (BHA) dan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali siap memfasilitasi terkait penginapan gratis selama satu malam. "Saya sudah bicara semua, perwakilan airline juga mengenai hal ini. Jadi mudah-mudahan mereka segera menyampaikan ke calon panumpang di hotel untuk tunggu di hotel. Itu pun harus dikoordinasikan ke hotel untuk diberikan one night free," ungkapnya.

Ia juga menambahkan bagi wisatawan mancanegara yang masa visanya berahir, pihak Imigrasi juga sudah siap untuk melakukan perpanjangan. Mantan Kapolda Bali itu juga juga berbicang dengan sejumlah penumpang di dalam bus yang akan mengantarkan mereka ke lokasi tujuan.