JAKARTA - Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk meninjau pembangunan Jembatan Holtekamp di Jayapura. Jembatan tersebut diperkirakan akan selesai pada akhir 2018. Dalam peninjauan tersebut, Jokowi berharap jembatan itu nantinya dapat menumbuhkan perekonomian di wilayah tersebut.

"Saya kira ini menjadi jembatan yang paling panjang yang kita harapkan akan menumbuhkan titik perekonomian baru di Jayapura dan sekitarnya karena dapat memperpendek jarak dari kota Jayapura ke Skouw yang biasanya ditempuh 2,5 jam, dengan jembatan ini bisa ditempuh 1 jam," kata Jokowi seperti yang disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Kamis (12/4/2018).

Jembatan sepanjang 1.328 meter termasuk bentang utama 732 meter ini berada di atas Teluk Youtefa yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua. Nantinya waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju perbatasan Skouw lebih cepat dari semula 2,5 jam menjadi 60 menit.

Menurut Presiden, jembatan ini akan memperlancar konektivitas dan mendorong pengembangan wilayah Kota Jayapura ke Timur yakni ke arah Skouw. Hal ini juga ditunjang dengan pengembangan kawasan perbatasan Skouw sebagai embrio pusat ekonomi baru yang telah selesai bangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan dilanjutkan dengan pembangunan pasar. "Ini dikerjakan dengan kolaborasi antara pemerintah kota, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat. Ada bagian-bagiannya sendiri-sendiri, yang bagus di situ," katanya.

Selain itu, jembatan ini juga dapat menjadi kawasan wisata air, sehingga menjadikan lokasi wisata yang dapat menarik minat wisatawan. "Kita harapkan juga selain titik pertumbuhan ekonomi baru, kawasan di sekitar jembatan ini juga menjadi tempat wisata yang indah, cantik, dan bagus," ujarnya.

Usai meninjau Jembatan Holtekamp, Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Pj Gubernur Papua Soedarmo dan Walikota Jayapura Benny Tommy Mano menggunakan tug boat mengitari jembatan tersebut.