BREAKINGNEWS.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno bersama Direktur Utama PT Jakarta Toll Road Development Frans Sunito melalukan peninjauan progres konstruksi ruas Tol Dalam Kota Tahap 1 Semanan-Sunter-Pulogebang, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Sandiaga menuturkan, pembangunan ruas tol tahap 1 dilakukan sepanjang 30 kilometer dengan terbagi dari tiga bagian yakni seksi A Kelapa Gading-Pulogebang (9,3 km), seksi C Grogol-Kelapa Gading (12,3 km) dan seksi B Grogol-Semanan (8,3 km) dengan target penyelesaian pada tahun 2021 mendatang. Nantinya tol tersebut akan menyediakan jalus bus rapid transit dan transjakarta.

“Ini kita lihat dampaknya juga sangat luar biasa. Jadi pembangunan infrastruktur akan kita genjot terus dimana kesiapan DKI untuk memastikan transportasi lebih lancar ke depan. Jadi nantinya juga akan ada dedicated stasion sepanjang 30 km ini,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakarta Toll Road Development Frans Sunito menuturkan proyek ruas tol tersebut sudah dilakukan sejak awal tahun 2017. Saat ini pengerjaan sudah dalam tahap pembuatan tiang pancang dan kepala tiang. Setelah seluruhnya selesai maka pengerjaan selanjutnya adalah pemasangan balok-balok box girder yang diprediksi akan mulai dipasang pda September 2018.

“Nanti pier head-nya telah selesainya semua, baru kita pasang balok-balok yang kita lihat di pabrik ini. Itu September kita mulai pasang dan kalau itu, sudah cepat itu. Rutin seperti pabrik saja di lapangan. Pakai launching girder, ada lima pasang peralatan yang bekerja secara serentak nanti,” ujar Frans.

Frans menambahkan, Jakarta Tollroad Development (JTD) merupakan bagian dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, di mana akan membangun enam ruas jalan tol dalam kota yang tersebar di wilayah DKI. Dimana jika di total secara keseluruhan, pembangunan ke 6 ruas jalan tol tersebut akan dibagi menjadi satu tahap.

“Seksi A, B, C itu semua tahap satu. Tahap satu yang tadi pak Wagub mengatakan 30 km untuk lalu lintas menembus Timur-Barat. Tahap dua nanti menuju ke selatan, ring di dalam dan sebagainya. Itu nanti mengikuti juga. Seluruhnya selesai 2023 seluruhnya,” ujarnya.